Pemko Padang Panjang Tandatangani MoU Dengan Universitas Muhammadiyah Hamka

Padang Panjang, Padang-Today.com – Walikota Padang Panjang H. Hendri Arnis, BSBA menandatangani MoU dengan Universitas Muhammadiyah Hamka di Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Hamka Jakarta Timur, Kamis (23/11).

MoU ini terlaksana setelah terjadinya komunikasi yang intens dan saling mengunjungi antara Pejabat Pusat Penelitian Buya Hamka Univ. Muhammadiyah Hamka Jakarta dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Panjang mulai dari bulan Juli sampai awal November ini, sehingga tercapai kesepahaman tujuan dan kesamaan visi antara Pemko Padang Panjang dengan pusat penelitian Buya Hamka Univ. Muhammadiyah Hamka dalam hal memandang sejarah Buya Hamka.

MoU tersebut berisi tentang Kesepakatan untuk berbagi informasi dan dokumentasi sejarah Buya Hamka, Kesepakatan untuk melakukan kerjasama penelitian sesuai bidang masing-masing, Kesepakatan untuk merancang wisata literasi yang terkait dengan Buya Hamka, serta Kesepakatan untuk melakukan pengembangan Perpustakaan Daerah Kota Padang Panjang yang terkait dengan sejarah Buya Hamka.

Walikota Padang Panjang Hendri Arnis mengatakan, Pemko Padang Panjang sangat mengapresiasi setinggi – tingginya Rektor Univ. Hamka dimana beliau telah berkenan mewujudkan MoU ini.

“Kami Kota Padang Panjang berkomitmen untuk menindaklanjuti kedepannya MoU ini sampai nantinya tercapai tujuan yang sama-sama kita harapkan,” jelas Hendri.

“Kami sangat berterimaksih kepada semua pihak terutama pihak Univ.Hamka karena mau ikut serta untuk mengembangkan dan membawa nama Kota Padang Panjang ke seluruh pelosok Bumi ini,” tutup Hendri.

Sementara itu Rektor Univ. Hamka prof. Suyatno yang hadir pada saat itu mengatakan, kebahagiaan atas MoU ini karena selama ini Univ. Hamka sendirian yang menyandang nama besar Hamka, padahal Hamka sendiri identik dengan Kota Padang Panjang.

“Kami Univ. Hamka ini telah mendapatkan bantuan energi dari Kota Padang Panjang ini, dan secara identitas kami juga akan terlengkapi dengan bergabungnya Padang Panjang dengan Univ. Hamka ini,” tegas Suyatno.

Suyatno menambahkan, salah satu rencana yang akan Univ. Hamka jalankan adalah menjadikan Padang Panjang sebagai lokasi KKN dan penelitian sejarah Hamka oleh mahasiswanya, termasuk mahasiswa cabang Malaysia yang akan diresmikan, dan juga kegiatan lain yg bisa dikerjasamakan.

“Untuk itu Univ. Hamka akan membawa dan mempromosikan nama Padang Panjang dimana saja kami berada,” tutup Suyatno

.Acara penandatanganan MoU ini diakhiri dengan pemberian cindera mata oleh Rektor Univ. Hamka Prof. Syatno kepada Walikota Padang Panjang Hendri Arnis dan dilanjutkan dengan berfoto bersama. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*