Pemko Padangpanjang Gelar Pekan Pajak Daerah

Padangpanjang–Mengapresiasi langsung bagi masyarakat yang taat pajak, Pemerintah Kota (Pemko) Padangpanjang menggelar Pekan Pajak Daerah di Lapangan Bancahlaweh, Minggu (28/4).

Wali Kota Padangpanjang, Fadly Amran BBA Dt Paduko Malano mengatakan kontribusi masyarakat dalam realisasi pembayaran pajak sangat strategis terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Dalam capaian maksimal suatu program atau kebijakan pembangunan, Wako Fadly menyebut sangat tergantung pada ketersediaan anggaran. Satu-satunya anggaran yang paling leluasa penggunaannya adalah bersumber dari PAD.

“PAD merupakan mata anggaran yang dapat dipergunakan dengan lebih leluasa. Salah satu sumbernya adalah pendapatan pajak. Karena itu, kami mengajak segenap lapisan taat pajak untuk memenuhi kewajiban, agar target peningkatan pembangunan dapat kita capai sebagai mana harapan bersama,” ajak Wako Fadly.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Padangpanjang, Indra Gusnadi menyebut kegiatan Pekan Pajak Daerah tersebut merupakan salah satu upaya mendorong dan mengapresiasi para taat pajak.

Kegiatan yang juga disponsori perbankan di Padangpajang itu, suatu terobosan baru yang akan digelar kembali Oktober mendatang. Penghargaan dan hadiah, diberikan pada pengusaha perhotelan, rumah makan dan restoran yang konsisten menjalankan program pajak sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda).

“Tahun ini, pemerintah telah melakukan perubahan Perda pajak terkait penurunan tarif pajak restoran, rumah makan dan perhotelan menjadi 5 persen. Harapannya agar pemungutan pajak dapat dilakukan lebih maksimal,” tutur Indra.

Pada momentum tersebut, Wako Fadly Amran secara bersama-sama dengan Forkopimda menyerahkan hadiah dan penghargaan bagi pengusaha restoran dan hotel.

Masing-masing kepada pengusaha Rumah Makan Lesehan Pajok, Baramas, Sate Mak Syukur, Hotel Pangeran Padangpanjang dan Wisma Sahidah Diniyyah Putri.

Selain itu, pada kesempatan Pekan Pajak Daerah juga dilakukan serah terima bantuan dua unit becak motor (Betor) dari Bank Nagari Cabang Padangpanjang kepada Pemko setempat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas