Pemko Padangpanjang Maksimalkan Pemerataan Pendidikan Bermutu

Padangpanjang—Upaya pemerataan mutu pendidikan, Wali Kota Padangpanjang  Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano gelar pertemuan dengan mantan Wamendikbud 2010-2011, Prof. Dr. Fasli Jalal bertempat di Balaikota setempat, Jumat (3/5).

Pada kesempatan itu, Wako Fadly mengatakan tujuan kegiatan tersebut adalah upaya pemerintah dalam upaya mewujudkan pendidikan yang bermutu di Kota Padangpanjang bisa merata. Hal itu ditujukan agar masyarakat tidak perlu susah payah tertuju memilih satu sekolah tertentu yang dianggap unggul untuk putra-putrinya.

“Hal ini bisa kita coba pada penentuan rayon, pertukaran kepala sekolah, pelatihan guru, pertukaran para guru berkualitas kepada masing-masing sekolah. Harapannya dengan langkah ini, dapat membuat semua sekolah menjadi unggul,” ujar Wako Fadly.

Sebagai sarana penunjang lainnya untuk meningkatkan minat baca di kalangan anak-anak, Fadly menyebut juga akan membuat pustaka yang lebih besar dengan nuansanya terasa di alam. Harapannya mengubah pustaka menjadi tempat favorit untuk anak yang didukung kelengkapan teknologi di dalamnya.

“Karena itulah kami butuh kerjasama dan masukan dari bapak ibuk sekalian, agar pendidikan di kota Padangpanjang ini tercipta dengan sebaik-baiknya,” tutup Walikota muda itu.

Sedangkan Fasli salah satu putra daerah terbaik Padangpanjang mengatakan banyak usaha yang telah dilakukan pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah, seperti menerbitkan Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

“Upaya lainnya juga dapat dilakukan yakni dengan mengembangkan potensi guru melalui seminar, pelatihan, workshop dan lainnya secara berkelanjutan sehingga menjadi profesional yang mempunyai kemampuan meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah,” ungkap Fasli.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Desmon menambahkan jika melihat pada hasil olimpiade guru, semua sekolah sudah merata. Kenapa demikian, karena guru-guru perwakilan olimpiade bukan hanya dari sekolah unggul, tetapi juga berasal dari sekolah yang di anggap tidak unggul dan mampu memberikan prestasi yang baik.

“Oleh karena itu pelatihan guru dan pertukaran para guru berprestasi merata kepada sekolah  yang ada di Padangpanjang sangat dibutuhkan untuk perkembangan pendidikan,” jelas Desmon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas