Pemko Padangpanjang Serahkan 3.000 Kartu BPJS

Padangpanjang,PADANGTODAY.COM-Pemerintah Kota Padangpanjang menyerahkan3.000 kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan untuk warga miskin di kota setempat.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Padangpanjang Nuryanuar menyebutkan, warga yang mendapatkan kartu BPJS ini termasuk program Jaminan Kesehatan Sumbar Sakato. Penyerahan kartu BPJS tersebut langsung diserahkan oleh Wali Kota Padangpanjang Hendri Arnis secara simbolis di Gedung M Safei melalui Ketua RT se-kota itu, Kamis kemarin.

“Pemberian kartu BPJS Kesehatan tersebut mengingat masih banyak warga Kota Padangpanjang yang tergolong miskin, namun tidak bisa mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis,” katanya.

Pemerintah Kota Padangpanjang, akan terus melakukan terobosan pada bidang kesehatan, sehingga program yang lama bisa kembali
dilaksanakan.

Menurut Nuryanuar, ada beberapa program kesehatan di Kota Padang Panjang yang terbentur oleh aturan dari pemerintah pusat, sehingga pemangkasan terhadap program jaminan kesehatan terpaksa dilakukan.

“Khusus mengenai jaminan kesehatan, sesuai dengan aturan yang berlaku yaitu Undang-undang Nomor 24 tahun 2011  tentang jaminan kesehatan, terhitung 1 Januari 2014 segala bentuk jaminan sosial di Indonesia dikelola oleh BPJS,” sebutnya.

Dalam menyalurkan kartu BPJS tersebut, Pemko Padangpanjang berkoordinasi dengan pihak RT. “Nantinya warga yang berhak menerima itu langsung diberikan oleh RT dimana masyarakat itu tinggal,” jelasnya.

Masyarakat yang sudah ditetapkan sebagai penerima jaminan kesehatan tersebut itu nantinya akan dibiayai oleh Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Disampaikan Nuryanuar, peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) yaitu yang sudah memiliki kartu Jamkesmas di Padangpanjang sebanyak 12.558 peserta dan premi dibayarkan melalui APBN. Sedangkan PBI lainnya dibayarkan melalui APBD yaitu Jamkes Sumbar Sakato yang dananya “sharing” antara APBD Provinsi 40 persen dan APBD Padangpanjang sebesar  60 persen dengan jumlah peserta 3.000 peserta dengan total penerima PBI di Kota Padangpanjang sebanyak 15.588 jiwa. (nto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas