Pemko Pariaman Akan Gelar Pekan Maulid Nabi Muhammad SAW

Padang-today.com___kegiatan Pekan Maulid Nabi Muhammad SAW di Kota Pariaman, Sumbar, akan menjadi agenda wisata tahunan di daerah itu.

“Kegiatan yang kita laksanakan hari ini, menginisiasi kami untuk menggelar kegiatan yang serupa, dimana di tahun depan, Pemerintah Kota Pariaman, akan membuat Pekan Maulid Nabi Muhammad SAW, tingkat pelajar se-Sumatera Barat, dengan melibatkan semua stakeholder,” kata Walikota Pariaman Genius Umar pada saat membuka Pekan Maulid Nabi Muhammad SAW ke XV 1440 H/2019 M yang digelar oleh MAN 1 Pariaman, Kecamatan Pariaman Timur, Kamis 24-01-2019.

Tahun 2020 nanti, kata Genius, pihaknya akan masukan kegiatan Pekan Maulid Nabi Muhammad SAW ini sebagai agenda wisata tahunan Kota Pariaman.

Acara ini merupakan kegiatan rutin, yang diadakan oleh OSIS dari MAN 1 Pariaman (MAN Padusunan) ini, dengan mengadakan bermacam perlombaan, baik perlombaan dibidang keagamaan, akademik dan kesenian.

Ia memberikan apresiasi kepada MAN 1 Pariaman, bukan hanya sukses dibidang keagamaan saja, sekolah ini juga banyak membuat prestasi di bidang akademik dan kesenian, baik di tingkat Nasional, Regional Sumatera, Provinsi Sumbar dan tingkat Kota Pariaman.

Di sekolah itu, selain mengajarkan pelajaran akademik juga mengajarkan pelajaran keagamaan yang kuat, dimana 2 unsur ini sangat dibutuhkan untuk anak-anak dan generasi penerus.

Pintar tapi tidak memahami agama, dia akan keropos, tidak mempunyai akhlak yang baik dan mempunyai jati diri.

Artinya selain Pintar, tetapi juga mempunyai pengetahuan agama yang kuat, sehingga dapat membentengi dirinya dengan iman dan islam.

Menurutnya, kegiatan seperti ini akan lahir para juara dalam perlombaan itu. Selain itu, dengan kegiatan ini juga dapat menambah teman.

Genius Umar juga mengingatkan agar para pelajar, untuk turut mengikuti program Magrib Mengaji dan Manunggal Subuh Indah Penuh Berkah, serta aktif menjadi remaja mesjid yang ada di desa/kelurahan tempat mereka tinggal.

“Kalau bisa, adik-adik pelajar yang tergabung dalam rohis nantinya, membuat gebrakan dengan membersihkan mesjid dan musholla beserta tempat wudhu dan toiletnya. Banyak kita jumpai, tempat wudhu dan toilet mesjid, yang kurang terawat dan tidak bersih, untuk itu perlu perhatian kita semua, bukankah islam mengajarkan bahwa kebersihan itu sebagian dari iman”, tandasnya menghakiri.

Sementara Kepala Sekolah MAN 1 Pariaman, Zalkhairi menjelaskan ada 5 lomba yang dilaksanakan pada hari ini, yaitu Lomba Tahfiz 2 Juz (Juz 30 dan Juz 1), Lomba Bintang Qasidah, Olimpiade MIPA, Puisi Dakwah, serta Lomba Kaligrafi tingkat SMP se Sumatera Barat.

“Selain itu, kita juga menggelar bazar, dimana para peserta pengisi bazar ini, merupakan para murid-murid MAN 1 Pariaman, dimana mereka menggelar daganganya, mulai dari jajanan, buku keagamaan, sampai suvenir” ulasnya. (suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas