Pemko Pariaman Antar Langsung Bantuan Korban Gempa, Tsunami dan likuifaksi ke Sulawesi Tengah

Padang-today.com____Rombongan Pemko Pariaman, yang terdiri dari Walikota dan Wakil Walikota, bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Pariaman, berangkat ke Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), dalam rangka menyerahkan bantuan masyarakat kota pariaman secara langsung ke Provinsi Sulteng tersebut.

Rombongan dari Kota Pariaman ini, disambut langsung oleh Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola, di Kantor Gubernur Sulawesi Tengah, Kamis (1/11).

Bantuan yang diberikan oleh Pemko Pariaman ini, berjumlah total sebesar Rp 267.500.000 rupiah, dengan rincian untuk Kota Palu sebesar Rp. 110 juta, Kabupaten Donggala sebesar Rp. 77.500.000, Kabupaten Sigi Rp. 30 juta dan untuk PKDP Sulawesi Tengah Rp. 50 juta rupiah.

Walikota Pariaman Genius Umar mengatakan bahwa bantuan ini bentuk dari kita sebagai bangsa yang satu, laksana tubuh, jika satu bagian sakit, maka tubuh yang lain ikut merasakan juga, dimana saat ini, Provinsi Sulteng yang dilanda musibah, maka wajib bagi kita untuk membantu, sebagai wujud kebersamaan dalam kerangka NKRI.

“Pariaman juga merupakan daerah rawan bencana gempa dan tsunami. Bencana gempa pernah juga dirasakan oleh pariaman, dimana tahun 2009 lalu, Sumbar dilanda gempa besar, dan alhamdulillah kita berangsur bangkit”, tuturnya.

Ia juga menambahkan bahwa Kota Pariaman ketika mengalami bencana gempa tersebut, banyak dibantu oleh saudara kita dari daerah lain bahkan mancanegara. Karena itu, ketika ada saudara kita yang tertimpa bencana, maka kita patut pula membantu, tambahnya.

“Kunjungan ini juga akan menjadi pembelajaran bagi kami di Kota Pariaman, dalam meningkatkan kesiapsiagaan ketika menghadapi bencana, selain kordinasi lintas sektoral yang sangat penting, mulai dari Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, Legeslatif, Kapolres, Dandim dan BPBD. Pengalaman Provinsi Sulteng, Kota Palu dan kabupaten lainya dalam bencana dan pasca bencana, bisa menjadi pembelajaran bagi kami di Kota Pariaman”, ungkapnya.

Ikut dalam Rombongan Pemerintah Kota Pariaman ke Provinsi Sulteng ini, Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin, Wakil Ketua DPRD Kota Pariaman, Fitri Nora, Kapolres Pariaman, AKBP Andry Kurniawan, Dandim 0308 Pariaman, Letkol Arm. Heri Pujianto, Kepala Pengadilan Agama Pariaman, Helmi Yunetti, Kepala BPBD Kota Pariaman, Asrizal, Kadis Kominfo, Nazifah, Kabag Umum, Feri Ferdian, Kabag Kesra, Armaizal dan dari Dinas PU Kota Pariaman. (suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas