Pemko Pariaman Bakal Pindahkan Pedagang Sayur ke Terminal Jati

Terminal Jati Kota Pariaman. Rencananya di lokasi ini juga akan ditempatkan pedagang sayur.

Terminal Jati Kota Pariaman. Rencananya di lokasi ini juga akan ditempatkan pedagang sayur.

Advertisements

PARIAMAN,PADANGTODAY.COM-Mengatasi kesemrawutan pasar tradisonal Kota Pariaman, Pemko Pariaman bakal melakukan pembenahan di antaranya mencari lokasi baru bagi Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan sayuran. Rencananya PKL ini akan ditempatkan di Terminal Jati, Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman.

Saat ini Pemko Pariaman telah membangun pasar sayur untuk PKL tersebut. Langkah tersebut dilakukan pemko untuk menunjang Kota Pariaman sebagai tujuan wisata. Sebab, dengan tidak lagi semraut pasar tradisonal Kota Pariaman otomatis memberikan kenyaman kepada semua wisatawan yang berkunjung ke daerah ini.

Persoalan tersebut terungkap, kemarin,  saat Asisten I Pemko Pariaman Lukman Syam memimpin rapat bersama SKPD terkait di lingkungan Pemko Pariaman dalam rangka mengatasi kesemrautan pasar tradisional Kota Pariaman.

“Dalam waktu dekat ini kita segera operasional Pasar Jati Kota Pariaman,” kata Lukman Syam saat memipin rapat tersebut, kemarin. Ini dilakukan katanya, dalam menunjang mewujudkan Pariaman sebagai kota tujuan wisata.

Salah satu upaya pemko katanya, dengan memberikan kenyamanan bagi para wisatawan yang berkunjung ke Pariaman jalan menuju lokasi Pantai Gandoriah tidak ada lagi kendala. Ini sejalan dengan konsep pariwisata pasar tradisonal, karena merupakan sebuah destinasi wisata dan merupakan sarana penunjang dari pariwisata.

“Pasar yang diinginkan sebagai penunjang pariwisata tersebut adalah adalah pasar yang bersih, rapi dan tertib yang berikan kenyamanan dan kesan yang baik kepada pengunjung,” katanya.

Artinya, keberadaan Pasar Pariaman sebagai pusat perdagangan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat Kota Pariaman merupakan pasar tradisional yang telah berkembang sesuai dengan pertumbuhan perekonomian masyarakat sekitarnya.

Kondisi ini menuntut adanya revitalisasi pasar Pariaman yang sesuai dengan kebutuhan dan fungsinya. Pembenahan dan penertiban Pasar Pariaman, khususnya pedagang kaki lima dan pedagang sayur yang berjualan di pasar pada pagi hari perlu mendapat perhatian dari pemerintah.

“Antisipasi kondisi dan daya tampung Pasar Pariaman, Pemerintah Kota Pariaman telah menyiapkan pasar sayur dan ikan yang berlokasi di terminal Jati Kota Pariaman,” ujarnya.

Kapolres Kota Pariaman melalui Kabag Operasionalnya, Kompol Syahril menyatakan kesiapan untuk membantu proses pemindahan pedagang di Pasar Pariaman ke Terminal Jati.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperindag Kota Pariaman Gusniyeti Zaunit mengaku telah menyiapkan langkah-langkah untuk persiapan pemindahan pedagang dengan melakukan sosialisasi ke pedagang kaki lima di Pariaman.

Dalam rapat tersebut terungkap, kalau eksekusi pemindahan pedagang pasar Pariaman ke Pasar Jati direncanakan tanggal 2 Februari 2015. Pemindahan pedagang tersebut juga dibarengi dengan pemindahan transportasi angkutan desa dari terminal Muara Pariaman ke terminal Jati Pariaman untuk menunjang akses pembeli ke Pasar Jati.

“Saat ini kita telah bekerjasama dengan dinas perhubungan Kota Pariaman dalam rangka pemindahan para pedagang pasar pagi dan angdes yang mangkal di terminal Muaro ke terminal Jati. Kami telah melakukan sosialisasi kepada para pedagang tersebut. Mereka memberikan respon positif perihal kepindahan tersebut, namun dengan catatan seluruh pedagang pasar pagi tersebut harus dipindahkan ke pasar Jati tanpa terkecuali,” ujarnya.

Katanya, dinasnya melakukan sosialisasi secara langsung kepada para pedagang. Bahkan melakukan penerangan melalui spanduk dan media masa. “Kita sangat mengharapkan dukungan semua pedagang. Sehingga kota kita ini semakin indah dan terujut sebagai kota tujuan wisata,” tandasnya mengakhiri (eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*