Pemko Pariaman Gelar Festival Pesisir Pariaman

Logo FP Kota Pariaman.

Logo FP Kota Pariaman.

 

Pariaman, PADANGTODAY.com-Pemko Pariaman Gelar Festival Pesisir Pariaman Rabu (27/5) mendatang di Pantai Gandoriah, Kota Pariaman. Dinas Budaya Pariwisata Dalam siaran Persnya, Senin (25/5) beberapa waktu lalu di Pantai Gandoriah mengatakan Tujuan Festival Pesisir Pariaman 2015 diadakan adalah dalam rangka menggali potensi daerah Pariaman yang dominan masyarakat pesisir pantai.

Menurut Kabid Pemasaran Dinas Budaya Pariwisata Pemko Pariaman, Zahirma, kegiatan Festival Pesisir Pariaman 2015 akan diselenggarakan dari tanggal 27 s/d 31 Mei 2015 di Pantai Gandoriah Pariaman dan akan dibuka secara resmi pada hari Rabu (27/5) oleh Ketua PKDP Sumbar, Muslim Kasim, yang juga Wakil Gubenur Sumatera Barat.

Dijelaskan, dengan keragaman kuliner, budaya dan kesenian yang ada di Kota Pariaman dapat dikenal luas oleh wisatawan baik dalam negeri maupun hingga ke manca negara.

Gambar Utama FP Kota Pariaman 2015.

Gambar Utama FP Kota Pariaman 2015.

Festival Pesisir Pariaman 2015, tambah Zahirma, akan menggelar beberapa acara dan lomba terkait budaya masyarakat pesisir, diantaranya pada hari pertama pembukaan akan diselenggarakan lomba masak sate sekaligus pembukaan bazzar dan pameran yang diiringi pagelaran seni.

Pada hari kedua, lanjutnya, akan digelar lomba maelo pukek oleh para nelayan, dihari ketiga lomba masak kuliner serba ikan dengan peserta istri para nelayan, PKK tingkat desa dan kelurahan juga kalangan umum.

Kemudian, pada acara puncak Sabtu dan Minggu, terang Zahirma, diadakan lomba layang-layang, selaju sampan, lomba lagu minang dan lomba cipta lagu tema Pariwisata Pariaman.

Selain itu, pada hari Minggu kita akan mencatatkan rekor MURI dalam lomba masak sala bulek terbanyak yang diikuti oleh 300 peserta lebih. Masing-masing peserta nantinya akan memasak sala bulek minimal 300 butir yang artinya lebih 90.000 sala bulek yang dimasak pada hari itu. Sala yang dimasak akan dibagi-bagikan kepada para penonton yang hadir,” tutup Zahirma. (eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*