Pemko Payakumbuh Bersama PHBI Gelar Shalat Idul Fitri dan Gema Takbir

Walikota Payakumbuh Riza Falepi saat menyerahkan bantuan untuk anak yatim dalam kegiatan buka puasa bersama di rumah dinas Walikota.

Walikota Payakumbuh Riza Falepi saat menyerahkan bantuan untuk anak yatim dalam kegiatan buka puasa bersama di rumah dinas Walikota.

Advertisements

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Pemerintah Kota Payakumbuh bekerjasama dengan  Panitia Hari Besar Islam (PHBI), akan menyelenggarakan Sholat Idul Fitri 1437 H, Rabu (6/7) yang akan dipusatkan di halaman Kantor Walikota Baru,  ex-Lapangan Poliko Payakumbuh. Bertindak sebagai khatib Dr H Sya’i Bin Sumin MA,  Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Padang. Sedangkan Imam dipercayakan kepada H Kadiarman Lc dari  Payakumbuh.

Hal tersebut diinformasikan Kabag Kesra Setdako Devitra didampingi pengurus PHBI Wirman di Balaikota Bukik Sibaluik, Rabu (29/6). Menurutnya sholat ‘Id  tersebut akan dimulai pukul 7.00 WIB pagi, diawali dengan mengumandangkan takbir, tahlil dan tahmid bersama jemaah. Warga kota diimbau, untuk datang beramai-ramai ke halaman Balaikota Baru ex-Poliko tersebut.

Dijelaskan, jika cuaca buruk, hujan datang membasahi bumi Payakumbuh, pelaksanaan sholat dialihkan ke masjid terdekat, seperti Masjid Taqwa, serta sejumlah masjid lainnya.

Diterangkannya, kegiatan pawai takbiran keliling kota, kemungkinan besar ditiadakan, untuk memelihara ketertiban dan kelancaran arus lalulintas pada malam tersebut. Namun, jika pihak kelurahan atau pengurus masjid dan mushalla, menggelar tradisi malam takbiran, dapat dilakukan dalam lingkungan kelurahan setempat.

“Sepanjang tidak melewati pusat kota dan jalan utama di Payakumbuh, takbiran dilingkungan kelurahan, sangat dianjurkan,” tambah Devitra.

Terkait dengan menyemarakkan Idul Fitri itu, PHBI bersama Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Payakumbuh, telah menyiapkan sebuah paket  acara yang bertajuk Gema Takbir,  seperti festival beduk. Kegiatan tersebut didukung dengan musik reliagi yang akan dipusatkan di pelataran parkir Medan Nan Bapaneh Taman Wisata Ngalau Indah Payakumbuh, Selasa (5/7), selepas shalat Isya.

Menurut rencana, sebut Devitra, Walikota Payakumbuh H Riza Falepi, Wakil Walikota H Suwandel Muchtar, Sekdako H Benni Warlis, Ketua DPRD YB Dt. Parmato Alam,  bersama unsur Forkopimda dan Pimpinan SKPD beserta isteri, akan ikut Sholat Idul Fitri bersama seluruh jamaah dan warga kota.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*