Pemko Payakumbuh Tandatangani Kerjasama Percepatan Capaian JKS-KIS

Pemko Payakumbuh Tandatangani Kerjasama Percepatan Capaian JKS-KIS

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com- Untuk meningkatkan pelayanan bidang kesehatan bagi masyarakat di kota Batiah, Pemerintah Kota Payakumbuh melakukan kesepakatan bersama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Payakumbuh dalam sebuah acara di Balaikota di Bukik Sibaluik, Selasa (1/8) pagi.

Kesepakatan bersama tentang perluasan cakupan kepesertaan, peningkatan kesadaran dan kepatuhan program jaminan kesehatan nasional menuju Universal Health Coverage tahun 2019 di wilayah kota Payakumbuh yang ditandatangani Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi, bersama dengan Kepala BPJS cabang Payakumbuh Yoelizar Zubir, dalam rangka mempercepat capaian tujuan program Jaminan Kesehatan Nasional dan Kartu Indonesia Sehat (JKS-KIS).

Dalam sambutannya, usai menandatangani kerjasama tersebut, Walikota Payakumbuh Riza Falepi menyampaikan bahwa Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) adalah program nasional tentang jaminan kesehatan dengan prinsip gotong-royong yang berkeadilan.

“Program ini bertujuan memberikan kepastian jaminan kesehatan secara menyeluruh bagi siapa saja untuk dapat hidup sehat, produktif dan sejahtera”, ujar Walikota Riza Falepi.

Untuk itu dikatakan Walikota, Pemerintah kota Payakumbuh akan memberikan dukungan dalam menyukseskan program JKN-KIS ini menuju cakupan Semesta Tahun 2019 tersebut.

“Penandatanganan kerjasama ini adalah salah satu bentuk dukungan Pemko Payakumbuh. Kita akan bersinergi bersama dengan BPJS Kesehatan dalam pengupayaan jaminan kesehtan bagi seluruh masyarakat Payakumbuh,” harap Wako.

Untuk itu diakhir sambutannya Walikota menghimbau kepada seluruh masyarakat di Payakumbuh untuk segera bergabung dengan program JKN-KIS ini.

“Saya menghimbau seluruh masyarakat Payakumbuh yang belum menjadi peserta JKN-KIS, agar segera mendaftarkan diri ke BPJS Kesehatan. Mari kita bersama-sama menciptakan masyarakat Payakumbuh yang sehat dan sejahtera,” pungkas Walikota Riza.

Dibagian lain Kepala BPJS cabang Payakumbuh, Yoelizar Zubir menginformasikan bahwa di Kota Payakumbuh sendiri masih ada sekitar 15ribu jiwa atau sekitar 13% dari total penduduk kota ini, yang belum ter-cover jaminan BPJS Kesehatannya.

Menurut Yoelizar Zubir, sebagaimana yang tertuang dalam kerjasama tersebut, BPJS Kesehatan akan berupaya meningkatkan mutu pelayanan dan kemudahan akses pelayanan kesehatan sesuai aturan yang berlaku.

Selain Walikota dan Kepala BPJS Payakumbuh, penandatanganan kerjasama ini dihadiri pula oleh Sekretaris Daerah Benni Warlis, Asisten III, Iqbal Barmawi, Kepala Dinas Kesehatan Elzadaswarman, sejumlah pimpinan OPD dan undangan lainnya.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas