Pemko Sampaikan Terima Kasih Terhadap Dewan Purna Bakti

 

Advertisements
 Wali Kota Padangpanjang-Hendri Arnis.


Wali Kota Padangpanjang-Hendri Arnis.

Padangpanjang, PADANGTODAY.com-Pascadilantiknya pimpinan definitive Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padangpanjang oleh Ketua Pengadilan Negeri, Pemerintah Kota (Pemko) setempat menyampaikan apresiasi tertinggi atas peranan dan kontribusi para wakil rakyat purna bakti periode 2009-2014 terhadap kelangsungan roda pemerintahan.

Wali Kota Padangpanjang, Hendri Arnis menilai kepedulian para anggota DPRD periode 2009-2014 dalam memberikan kontribusi pada lembaga legislatif dan eksekutif sangat besar. Terutama di awal kepemimpinan pasangan Walikota/Wakil Walikota terpilih masa jabatan 2013-2018, dapat menuntaskan pembahasan anggaran daerah hanya dalam waktu yang relativ singkat.

Selain dapat menuntaskan APBD 2014 hingga ketok palu pada Desember atau dua bulan pasca pelantikan Walikota/Wakil Walikota Padangpanjang, wakil rakyat periode 2009-2014 juga telah menuntaskan pembahasan hingga pengesahan banyak Peraturan Daerah (Perda) yang bermuara untuk kemajuan kota berjuluk Serambi Mekkah ini.

“Wakil rakyat selama 5 tahun pada periode 2009-2014 tak dipungkiri telah menjalankan fungsinya sebagai legislator dengan bijak untuk kepentingan pemerintahan daerah. Tidak hanya memeras tenaga dan fikiran untuk menuntaskan pembahasan APBD pada awal kepemimpinan kami (Hendri Arnis-Mawardi), para anggota DPRD dalam menyandang amanah sebagai wakil rakyat sejak 2009, telah banyak melahirkan Perda. Keberhasilan itu bukan sesuatu yang mudah, namun melalui suatu proses yang melelahkan,” ujar Wako Hendri kepada melalui selulernya.

Secara umum, Hendri Arnis menyebutkan anggota DPRD priode 2009-2014 hingga masa akhir jabatan pada pertengah September lalu telah menunjukkan pelayanan terbaik terhadap masyarakat Padangpanjang. Berjalannya dengan baik roda pemerintahan sampai sekarang, merupakan bukti nyata telah terjalinnya koordinasi yang baik dengan pihak eksekutif, dan melaksanakan tugas pokok sesuai fungsi (tupoksi) secara semaksimal.

Selama 5 tahun menyandang amanah rakyat, dinilai senantiasa memperjuangkan aspirasi masyarakat untuk disampaikan pada jajaran eksekutif. Namun demikian, Hendri Arnis mengakui aspirasi yang ditampung legislatif tanpa terkecuali tersebut, disadari masih belum terakomodir secara penuh. Mengingat hal itu, Hendri Arnis atas nama Pemko Padangpanjang menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya.

“Kepada seluruh anggota dewan periode 2009-2014 di bawah kepemimpinan Ketua DPRD Novi Hendri SE, M.Si Dt.Bagindo Saidi, kami ucapkan terima kasih atas terjaganya kemitraan yang selama ini terjaga baik dengan jajaran eksekutif. Suatu fakta nyata, dewan dan jajaran Pemko secara komunikatif selama ini telah berhasil membawa Kota Padangpanjang yang kita cintai ini kea rah lebih baik,” ungkapnya.

Di sisi lain, Wako Hendri Arnis juga menyebut terselenggaranya pemerintahan yang aman dan tentram di kota berhawa sejuk ini, juga tidak terlepas dari tingginya peran penting masyarakat secara umum dalam mengikuti serta menjalankan suatu proses demokrasi politik. Terutama atas terselenggaranya rangkaian pesta demokrasi pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) sampai pemilihan kembali anggota DPRD untuk periode 2014-2019 yang telah dilantik, hingga pemilihan presiden. Selain kepada masyarakat, Wako Hendri juga mengapresiasi suksesnya perhelatan rangkaian demokrasi tersebut berkat upaya jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Panwaslu, serta aparat keamanan dari pihak TNI/Polri.

Sementara kepada anggota dewan periode 2014-2019 yang baru dilantik 13 September pekan lalu dan jajaran pimpinan definitif  di bawah kepemimpinan Ketua Asril Kasoema, Wakil Ketua Erizal dan Wakil Ketua Yulius Kaisar yang dilantik pada 29 September kemarin, Walikota Hendri Arnis mengucapkan selamat datang dan selamat bertugas. Telah efektifnya kelembagaan legislatif periode 5 tahun ke depan ini, diharapkan dapat menjalin sinergitas dan keharmonisan dalam menjalankan roda pemerintahan, pembangunan, serta amanah sebagai upaya mensejahterakan masyarakat.

“Bila dicermati lebih lanjut dan dalam konteks kekinian, undang-undang nomor 32 tahun 2004 tentang pemerintahan daerah telah mengamanatkan bahwa unsur penyelenggara pemerintahan daerah adalah kepala daerah dan DPRD. Amanat ini setidaknya, telah mensyaratkan pula adanya “chek and balances” antara legislatif dan eksekutif dalam koridor kemitraan sejajar yang demokratis,” sebut Wako Hendri Arnis.

Pada konteks ini, Hendri Arnis menyebut pola kemitraan tersebut bukan hanya dilakoni sebagai kegiatan prosedural belaka, namun lebih memberikan semangat berkesinambungan dalam melakukan rekonstruksi sesuai dengan fungsi masing-masing. Dengan semangat baru yang amanah, Wako Hendri Arnis dan seluruh jajaran pemerintahan daerah beserta masyarakat, mengharapkan tumbuh suburnya kebersamaan dalam mewujudkan dan  menjadikan kehidupan masa depan  masyarakat Padangpanjang yang lebih baik, amanah, aman dan sejahtera.

“Mengingat waktu yang tersisa, kita memang harus berpacu dengan waktu karena beberapa agenda penting harus “kejar tayang”. Antara lain, harus segera dituntaskannya pembahasan KUA-PPAS dan APBD Perubahan tahun 2014, KUA-PPAS dan APBD tahun anggaran 2015, serta agenda lainnya yang sifatnya menuntut kebersamaan,” pungkas Wako Hendri Arnis. (dil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*