Penantian Bertahun Tahun, Jorong Pencipta Hafiz Di Tanjung Bonai Dapatkan Akreditasi A

Tanah Datar, Padang-today.com – Setelah berjuang selama bertahun tahun untuk mendapatkan pengakuan, TPA/TPQ Nurul Hikmah Jorong Parit Sungayang Nagari Tanjung Bonai Kecamatan Lintau Buo Utara, Tanah Datar dapatkan Akreditasi A dari Kemenag.

TPA yang sudah berdiri sejak awal tahun 1990 itu, dikenal sebagai pencipta Hafiz di daerah tersebut saat ini mengajarkan sekitar 113 murid yang berasal dari jorong terdekat.

“Alhamdulillah pak, semua ini berkat bimbingan dan dukungan dari warga terutama guru dan pengurus yang tiada henti memberikan ilmu pendidikan Al Quran kepada anak anak,” ucap Yulimar Zen Kepala Jorong stempat kepada media ini, rabu (20/12/17).

Katanya penilaian yang dilakukan oleh pihak Kemenag Kabupaten Tanah Datar merupakan satu satunya untuk Nagari Tanjung Bonai yang juga dikenal sebagai daerah pendeta ulama di Kabupaten Tanah Datar.

“Saat ini, TPA/TPQ Nurul Hikmah memiliki 113 orang murid yang berasal dari enam jorong di sekitarnya, dan ini membuktikan jika keberadaan TPA ini menjadi harapan bagi generasi yang akan datang untuk lebih menanamkan nilai nilai agama kepada anak kemenakan kami,” sebut Yulimar.

Sementara itu Wali Nagari Tanjung Bonai Lutfi DT. Gindo Besar menyebutkan, jika sudah sepantasnya TPA/TPQ Nurul Hikmah mendapatkan penghargaan dan pengakuan Akreditasi A, karena keberadaan TPA dan TPQ tersebut sudah diakui sebagai TPA pencetak Hafiz dalam perlombaan perlombaan di tingkat nagari maupun tingkat kecamatan.

“Satu-satunya TPA/TPQ di Nagari Tanjung Bonai, dan ini hendaknya menjadikan motivasi bagi TPA lainnya yang ada di nagari untuk lebih memacu prestasi,” ucap Wali Lutfi.

Dan katanya, prestasi dua tahun terakhir yang diukir oleh TPA/TPQ Nurul Hikmah cukup banyak, diantaranya sebanyak 27 orang menjadi wakil Nagari ke kecamatan.

“Semoga untuk kedepan, Jorong Paris Sungayang bisa dijadikan jorong percontohan nagari untuk bidang agama, dan ini motivasi bagi kita sebagai pemerintahan nagari,” pungkas mantan Ka UPT Pendidikan Lintau Buo Utara ini. (ddy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*