Pendidikan Memperbaiki Kehidupan Manusia

Padang-today.com__Pendidikan merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan dari kehidupan manusia, karena pendidikan merupakan suatu usaha untuk menguatkan kulitas manusia yang berlangsung seumur hidup.

Dengan berpedoman pada pendidikan maka manusia akan dapat maju dan berkembang untuk mencapai kesempurnaan.

Pendidikan merupakan aspek yang sangat penting, mengingat pendidikan untuk saat ini belum mampu bersaing dengan pendidikan di daerah-daerah maju.

 “Pendidikanlah yang akan memeprbaiki kehidupan manusia, dan Kota Pariaman sangat memahami hal tersebut dengan membuat program Satu Keluarga Satu Sarjana, Gubernur Sumbar dalam hal ini memberikan apresiasi yang tinggi terhadap kebijakan Pemko itu,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat, Burhasman ketika mewakili Gubernur melaunching Program Satu Keluarga Satu Sarjana yang merupakan program unggulan Pemerintah Kota Pariaman yang digelar di GOR Sutan Rajo Bujang, Kelurahan Karanaur, Kecamatan Pariaman Tengah, Kamis (11/04/2019).

Katanya, pihak pemerintah harus menciptakan generasai muda yang menpunyai daya saing, yang dapat berbicara di pentas nasional dan internasional. Karena itu, diperlukannya generasi muda yang mumpuni untuk itu.

“ Setiap kita harus mempunyai kemampuan, keterampilan dan skil yang dapat diandalkan, sehingga kita dapat menjadi generasi unggulan, yang nantinya akan berimbas kepada peningkatan taraf hidup mereka dan keluarganya,” ujarnya.

Walikota Pariaman, Genius Umar mengatakan bahwa Program Satu Keluarga Satu Sarjana ini, merupakan program unggulan yang kami angkat ketika maju dalam Pilkada tahun 2018 yang lalu.

“ Dalam program ini, kita menginginkan dalam satu keluarga yang ada di Kota Pariaman, kami berharap dapat mempunyai satu orang yang lulusan sarjana, atau sarjana muda. Dengan pendidkan yang klita inginkan adalah pendidikan vokasi. Sehingga mereka mempunyai keterampilan dan skill ketika lulus nanti. Selain itu juga kita berharap dapat bekerja untuk perbaikan tingkat kesejahteraan keluarga,” ujar Walikota.

Ia menyakini, bahwa pendidikan adalah formula paling ampuh dalam mengentaskan kemiskinan dan memutus mata rantai kemiskinan itu sendiri. Untuk itu, Program Satu Keluarga Satu Sarjana tersebut juga telah termasuk dalam Rencana Pebangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2018 – 2023.

Untuk menampung pelajar yang akan di kirim ke Perguruan Tinggi Vokasi, pihaknya telah membuat Memorendum of Understanding (MuO) dengan beberapa Perguruan Tinggi antara lain dengan Politeknik Negeri Padang (PNP), Politeknik ATI Padang, Politeknik Pelayaran Sumatera Barat (Poltekpel Sumbar), Matam Tourism Polyteknik (BTP) dan Institute Teknologi Bandung (ITB).

Acara ini juga dihadiri oleh Forkopimda, Kepala OPD dan Perwakilan dari Perguruan Tinggi yang bekerjasama dengan Pemko Pariaman, serta utusan Perguruan Tinggi yang ada di Kota Padang dan Kota Pariaman. (Suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas