Peneliti ICW Wacana 1 Triliun Parpol Tidak Logis

SAVE KPK.

SAVE KPK.

Advertisements

Jakarta, PADANGTODAY.COM-Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Donald Fariz menyatakan, wacana pemerintah mensubsidi partai politik (Parpol) sebesar Rp 1 triliun tidak logis.

Sebab, di saat bersamaan, pemerintah mengurangi subsidi untuk masyarakat. Selain itu, jumlah tersebut juga dinilai jauh lebih besar dibandingkan dengan kementerian/lembaga strategis.

“Subsidi Rp 1 triliun itu untuk seluruh parpol atau masing-masing parpol? Maka penting bagi Mendagri melakukan klarifikasi. Kalau Rp 1 T per partai maka negara akan keluarkan Rp 10 T,” kata Donald dalam diskusi media di kantor ICW, Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/3).

Donald punya alasan mengapa subsidi untuk parpol tidak rasional. Sebab, kementerian/lembaga pemerintah yang mengurusi masalah-masalah fundamental anggarannya tidak sampai Rp 1 T.

“Angka tersebut tidak rasional. KPK saja yang terdepan memberantas korupsi tak sampai 1 T, hanya Rp 700 miliaran. KY, termasuk MK yang strategis menjaga konstitusi tak sampai segitu. Jadi tidak logis kalau parpol diberi subsidi Rp 1 T,” tegas Donald.

(fat/jpnn/**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*