Penelitian Tentang Orang Gemuk Bau Badan

ILUSTRASI BAU

ILUSTRASI BAU

PADANGTODAY.COM– Memiliki badan dengan ukuran melebihi berat badan normal seringkali membuat seseorang mengalami banyak hal buruk. Entah itu berkaitan dengan potensi penyakit yang akan terjadi, kesulitan untuk bergerak, hingga mungkin dipandang sebelah mata oleh mereka yang memiliki berat badan normal. Tak berhenti sampai di situ, banyak pula stigma yang menganggap bahwa orang gemuk memiliki bau badan yang tidak sedap. Benarkah demikian?

Untuk membuktikannya, sebuah penelitian dari University of California, Los Angeles meminta beberapa orang untuk melihat dua set gambar orang berbadan gemuk dan berbadan normal. Ketika mereka melihat gambar orang gemuk, para peserta memberikan peringkat buruk dalam level aroma. Sementara saat mereka melihat gambar orang dengan berat badan normal, maka level aroma tersebut naik ke tingkat yang lebih menyenangkan.

“Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hal-hal buruk masih dianggap melekat pada mereka yang berbadan gemuk. Termasuk pula dengan aroma tubuh seseorang. Padahal aroma tubuh sama sekali tidak berhubungan dengan berat badan,” tulis penelitian ini.

“Pandangan buruk ini justru semakin membuat orang gemuk merasa malu. Bahkan bisa merusak motivasi mereka untuk menurunkan berat badan. Mereka menjadi tidak percaya diri dan seakan tidak mendapatkan dukungan. Oleh sebab itu bagi Anda yang masuk dalam kategori bertubuh normal, sebaiknya hilangkan pandangan negatif tersebut. Sebaliknya, bantu orang obesitas untuk menurunkan berat badan mereka agar menjadi lebih sehat,” saran penelitian yang juga dipublikasikan di International Journal of Obesity.

(feb/uil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas