Penerima PKH Naik Menjadi 9.206

Afdal, S.Sos

Afdal, S.Sos

Limapuluh Kota, PADANG-TODAY.com-Kepala Bidang Bimbingan dan Bantuan Jaminan Sosial (Binjamsos) Dinas Sosial Kabupaten Limapuluh Kota Afdal, S.Sos mengatakan, jumlah Keluarga Sangat Miskin (KSM) penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Limapuluh Kota triwulan IV tahun 2016 bertambah menjadi 9.206. Selain itu, sebagian penerima PKH itu juga bakal mendapatkan bantuan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) dan rehab rumah tidak layak huni.

“Penerima PKH kwartal II dan III tahun 2016 hanya sebanyak 5.247 KSM, pada kuwartal IV mendatang akan mendapat tambahan sebanyak 3.959 KSM. Tambahan ini diperuntukkan buat lanjut usia (lansia) dan penyandang disabilitas (cacat) berat.

Hal itu disampaikan Afdal di Sarilamak, Kamis (22/9).

Dikatakannya, para calon penerima tambahan PKH itu akan divalidasi untuk berikutnya dicairkan pada triwulan IV sekitar bulan Desember mendatang dengan total penerima sebanyak 9.206 KSM. Sedangkan untuk triwulan II dengan penerima sebanyak 5.247 dan total bantuan 2,25 milyar rupiah lebih sudah direalisir beberapa waktu lalu.

Selanjutnya buat triwulan III segera dicairkan dalam waktu dekat.

“Setiap penerima PKH mandapatkan bantuan tetap sebesar 500 ribu rupiah ditambah bantuan komponen PKH dengan jumlah minimal 950 ribu rupiah per KSM dan maksimal 3,9 juta rupiah,” tutur Afdal.

Sementara bantuan KUBE, lanjutnya, bakal dialokasikan bagi 50 kelompok yang beranggotakan para penerima PKH. Masing-masing kelompok mendapatkan dana sebesar 20 juta rupiah untuk modal usaha seperti ternak itik, ternak kambing, pegang gadai, pengadaan alat dan mesin pertanian (Alsintan) untuk berikutnya dipersewakan.

Bantuan ini diperkirakan sudah bisa dicairkan pada Bulan November mendatang.

“KUBE ini bertujuan untuk modal usaha yang cepat menghasilkan uang. Sesuai permohonan yang ada, usaha yang akan dibuka kelompok penerima antara lain usaha peternakan, pertanian, pegang gadai, bahkan ada pula buat pengadaan Alsintan seperti mesin perontok padi yang dapat dipersewakan,” terang Afdal.

Selain itu, lanjut Afdal, dalam waktu dekat sebanyak 50 keluarga sangat miskin di daerah ini juga sudah diusulkan untuk mendapatkan bantuan rehab rumah tidak layak huni.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas