Penerimaan Siswa Baru ICBS Berlangsung Semarak

Penerimaan Siswa Baru ICBS Berlangsung SemarakPayakumbuh, PADANG-TODAY.com-Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2018/2019 Pesantren Terpadu Insan Cendekia Boarding School (ICBS) berlangsung semarak. Pada Hari Ahad (4/2/2018), Aula Kampus Politani Tanjung Pati yang menjadi tempat digelarnya acara sudah dipadati semenjak pukul 7.00 WIB.
Penanggungjawab PPDB Pesantren Terpadu ICBS, Ustadz H Hannan Putra Lc mengatakan, acara berlangsung lancar dari pagi hingga sore hari. “Di awal kedatangan orang tua calon siswa, memang terjadi kemacetaan di Jalan Raya Tanjung Pati. Namun kita bersyukur bisa ditangani dengan baik oleh bapak-bapak kita dari Satlantas Kepolisian Lima Puluh Kota,” jelas Ustadz Hannan dalam keterangan persnya, Senin (5/2/2018).
Menurut Ustadz Hannan, memang sangat sulit mengatur kendaraan yang membludak. Ada 1,219 calon santri yang datang bersama orang tua. Rata-rata mereka datang dengan mobil berisikan anggota keluarga. Sehingga parkiran kendaraan tidak bisa lagi tertampung di dalam area Politani.
“Alhamdulillah, pemilik toko di sepanjang jalan Raya Tanjung Pati bermurah hati menampung kendaraan dari peserta PPDB kita. Kami ucapkan terima kasih dan permohonan maaf sebesar-besarnya karena telah merepotkan banyak pihak,” tutur Ustadz Hannan.
Ketua Pantia PPDB Ustadz Reno Candra SPd menambahkan, proses PPDB yang berlangsung di Aula Politani berjalan lancar. Setelah acara sambutan, proses seleksi lisan dan tulisan dilangsungkan hingga jelang azan Zuhur berkumandang. Selepas santap siang, pukul 13.30 WIB acara sesi wawancara dengan orang tua calon santri kembali dilaksanakan hingga menjelang azan Ashar berkumandang.
“Alhamdulillah. Acara berjalan baik hingga sebelum azan Ashar. Biasanya, pukul 14.00 WIB acara seleksi sudah berakhir. Tahun ini, karena peserta yang diseleksi mencapai seribu lebih. Namun tetap bisa kita tuntaskan menjelang azan Ashar,” papar Ustadz Reno.
Pimpinan ICBS, Ustadz H Ahmad Maududi Lc MA mengucapkan ribuan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu hingga terselenggaranya acara PPDB dengan baik dan lancar. “Alhamdulillah, syukur tak terhingga kepada Allah SWT dan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang telah membantu terselenggaranya PPDB ini dengan sukses. Tak bisa kami sebutkan satu persatu. Insya Allah menjadi amal shaleh dan ganjaran pahala di sisi Allah SWT sebagai upaya kita mewujudkan generasi masa mendatang yang beriman dan bertaqwa,” papar beliau.
Wakil Pimpinan ICBS, Ustadz Okta Veldi Andika Lc menambahkan, peserta seleksi yang datang dari berbagai penjuru daerah mengaku punya kesan tersendiri dengan penyelenggaraan PPDB di ICBS. “Kita terharu, ternyata begitu tingginya antusias para orang tua yang mencari sekolah agama. Ini beban moral sekaligus tantangan bagi kita sebagai praktisi pendidikan yang dituntut bisa menyajikan pendidikan Islam solusif dan komprehensif,” papar beliau.
“Kami merasakan begitu tingginya antusias para orang tua untuk menyekolahkan anak-anaknya ke Pesantren. Banyak yang datang dari luar provinsi dan terpaksa mencari penginapan yang sudah penuh-penuh. Itu semua agar anak kami diterima di ICBS,” ujar Yanto, orang tua salah seorang calon siswa yang mengaku datang dari Bengkulu.
Lain pula kisahnya Bapak Herman, orang tua calon siswa yang datang dari Jakarta. Ia mengaku baru pertama kali menginjakkan kaki di Ranah Minang. Ia sekeluarga berangkat dengan pesawat sore dari Jakarta, kemudian menyewa angkutan untuk datang ke Payakumbuh. “Semua ini untuk satu harapan agar anak kami bisa diterima di ICBS,” terangnya.
Menurut informasi yang diterima panitia PPDB ICBS, ada sebahagian orang tua yang terpaksa menginap di mobil karena tidak mendapatkan penginapan. Ada pula yang terpaksa menginap di mushalla. Demikian jugayang menyewa bus agar bisa berangkat beramai-ramai dari Bengkulu. “Berbagai kisah haru tersebut menjadi penguat bagi kita untuk mendidik anak-anaknya dan membekali mereka dengan ilmu dan akhlak mulia,” tutup Ustadz Veldi.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas