Pengajian Amil/Amilat DDS, Manifestasi dari Syahadat adalah Ikhlas

 

Advertisements

PADANG, PADANGTODAY.com-Dalam pengajian rutin amil/amilat Dompet Dhuafa Singgalang, Jumat (9/1), Ustadz Mulyadi mengatakan bahwa manifestasi dari syahadat adalah keikhlasan. “Keikhlasan tersebut akan terimplementasi dalam bentuk etika,” katanya.

Jika manusia bisa memanfaatkan potensinya, maka dia akan lebih mulia dari malaikat. Namun karena akhlak dan perilaku yang buruk, manusia bisa lebih hina dari setan.

“Orang yang ikhlas tidak pernah mengenal kecewa. Maka bekerjalah kita sesuai standar dan SOP. Tak perlu penilaian manusia,” tuturnya lagi.

Amil ini harusnya menjadi muzakki. Jangan semata menggantungkan hidupnya pada orang lain. Sehingga dia lebih leluasa mengedukasi orang lain. “Sebagai amil, kita harus memiliki keikhlasan berlapis karena tidak hanya urusan terhadap pekerjaan tapi juga urusan melayani,” kata Branch Manager Dompet Dhuafa Singgalang, Musfi Yendra.

Dilanjutkannya, tantangan besar amil adalah riya. Riya berhubungan dengan hati. Publikasi bukan riya tapi urusannya dengan transparansi dan edukasi.

Keikhlasan adalah pertaruhan bagi amil, sebab berhubungan dengan keberlangsungan lembaga di masa datang. Jika ada satu orang amil tidak ikhlas bekerja dalam tim, sama sedang menggali kubur kelembagaan itu sendiri.

“Tiap siraman ruhani seperti ini dijadikan bahan evaluasi bagi tim, sebagai muhasabah dan motivasi bagi semua, untuk senantiasa bekerja ikhlas, cekatan dan cerdas,” tutup Manager HRD Dompet Dhuafa Singgalang, Fera Zora. (winda)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*