Pengamat: KPK BUKTIKAN PENANGKAPAN “PA” BUKAN TEBANG PILIH

Advertisements

Padang,PADANG-TODAY.COM – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diminta membuktikan bahwa penangkapan Patrialis Akbar bukanlah aksi pilih tebang untuk memenuhi permintaan pihak-pihak tertentu.
“Buktikan kalau Patrialis Akbar buka permintaan pihak terkai untuk memojokkan etnis dan agama tertentu melalui  ‘aksi’ pemberantasan korupsi,”kata Miko Kamal, SH, LLM, PhD dosen Paskasarjana Universitas Bung Hatta, di Padang.
Ia menjelaskan, KPK harus didukung penuh dalam upaya mereka memberantas korupsi di Indonesia tanpa pandang bulu.
“Semua pihak agar mendukung pemberantasan korupsi di Indonesia,”ungkap.
Penangkapan tersebut mengindikasikan bahwa upaya pemberantasan korupsi yang dilakukan sejak bergulirnya era reformasi belum lagi mendapatkan hasil yang maksimal.
Parahnya lagi,lanjut Miko Kamal lembaga penegak hukum yang diharapkan berada di garda paling depan dalam pemberantasan korupsi ternyata belum lagi memenuhi harapan publik tersebut.
Ia mengatakan, penangkapan Hakim Mahkamah Konstitusi Patrialis Akbar oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Rabu 25/1/2017 malam mengagetkan kita semua.
“Upaya Mahkamah Konstitusi berbenah setelah penangkapan ketuanya Akil Mochtar tahun 2013 yang lalu kembali terganggu dengan penangkapan Patrialis Akbar tersebut”katanya.
Secara kelembagaan,tambah Miko Kamal Mahkamah Konstitusi ada baiknya melihat lagi “governance” (tatakelola) baik menyangkut pola rekrutmen maupun kode perilaku pihak-pihak yang ada di Mahkamah Konstitusi.
Lembaga pengadilan (mulai dari Pengadilan Negeri, Pengadilan Tinggi sampai Mahkamah Agung) yang akan menerima proses hukum lanjutan kasus Patrialis Akbar harus menunjukkan indepensensinya dengan menjatuhkan putusan yang adil berdasarkan fakta-fakta hukum yang nantinya terungkap di persidangan,”tegasnya.
Miko Kamal menambahkan,kasus yang menimpa Patrialis Akbar ini harus dijadikan sebagai bahan renungan mendalam bagi kita semua terutama bagi masyarakat Minangkabau dimana Patrialis Akbar berasal.
“Mari kita melihat persoalan ini dengan kepala dingin dan hati yang jernih. Mari pula kita do’akan Patrialis Akbar dan keluarganya diberikan kekuatan menghadapi kasus yang menimpa mereka,”tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*