Pengawasan Lemah Picu Kekerasan Siswa SUPM

SUPM Pariaman.

SUPM Pariaman.

Pariaman, PADANGTODAY.com-Ombudsman Sumbar bergerak cepat menindaklanjuti meninggalnya siswa SUPM Pariaman yang di duga akibat kekerasan senior di Asrama Sekolah tersebut, Selasa (14/10) sudah berkunjung ke SUPM Pariaman dan bertemu Kepala Sekolah dan jajarannya.

“Ini bukan kali pertama kekerasan oleh Senior di Sekolah itu terjadi “ tegas Adel Wahidi Asisten Ombudsman Sumbar

Pada April tahun 2013 adalah kali pertama Ombudsman di laporkan masyrakat soal kekerasan Senior di Sekolah itu, Pihak sekolah mengakui dan menjatuhkan sanksi skorsing siswa akibat kekerasan Seniornya, belum berselang setahun kejadian serupa terulang malah ini lebih parah. Ada persolan serius dalam model pendidikan dan pengawasan kehidupan Asrama di sekolah itu, bayangkan siswa sebanyak 400 orang lebih hanya di awasi oleh lima orang Pengasuh Asrama.

“Ini tidak proposional dalam model pendidikan boarding school, apalagi sekolah di memakai pendekatan semi militer dalam mendidik, model pendidikan semi militer dan berasrama rentan terhadap tindak kekerasan. Karena itu Ia butuh pengawasan dan displin tinggi,” tegas Adel.

Pengasuh asrama juga tidak satu gedung Siswa, Pengasuh di tempatkan secara terpisah dan punya rumah sendiri yang tidak jauh dari Asrama, “lanjutnya.

Idealnya menurut Adel Sekolah itu harus punya Pengasuh Asrama satu Pengasuh berbanding 35-40 Siswa, ini gak satu Pengasuh mengawasi 100 orang siswa. Sekolah dengan gedung megah itu juga tidak dilengkapi CCTV dalam pengawasan siswa.

Ini yang membuat kekerasan selalu berulang setiap tahun di Sekolah itu. Ombudsman sudah meminta Kepala Sekolah Sekolah memperbaiki model Pengawasan dan Pengasuhan Asrama di Sekolah itu.

“Tidak bisa tidak, kalau ingin kekerasan tidak terulang lagi Kata Adel, temuan ini juga akan disampaikan ke Kementerian Kelautan dan Perikanan karena Sekolah ini berada di bawah Kementerian itu.

Kementerian tidak bisa abai dalam hal ini, mengurusi sekolah menengah secara otonom tapi membiarkan pengawasannya lemah seperti itu. (dil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*