Pengcab Wushu kota Padang Panjang Tidak Pasang Target

Padangpanjang, PADANGTODAY.com-Meskipun tanpa persiapan yang memadai untuk mengikuti Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat ke XIII yang akan dilaksanakan pada pertengahan Desember mendatang, tetapi Pengurus Cabang (Pengcab) Wushu Kota Padangpanjang tetap akan berusaha semaksimal mungkin untuk meraih medali bagi kota berjuluk “Serambi Mekah” itu.

Advertisements

Ketua Harian Pengcab Wushu Kota Padangpanjang Arkes Refagus ketika ditemui menyebutkan, sejak adanya kepastian Kontingen Kota Padangpanjang mengikuti perhelatan Porprov mendatang, pihaknya terus berupaya memaksimalkan persiapan atlet yang akan diturunkan pada ivent olahraga dua tahunan itu.

“Jika kita bandingkan, kepastian keikutsertaan Padangpanjang baru minggu kemarin, sementara waktu persiapan bagi atlet kita hanya tinggal satu bulan lagi. Sehingga, untuk pelaksanaan Training Center saja biasanya memakan waktu lebih dari satu bulan, belum lagi persiapan lainnya,” kata Arkes Refagus, yang juga menjadi pelatih dari cabor Wushu itu.

Disampaikannya, dirinya bersama ketua umum dan pengurus lainnya memang tidak lagi menargetkan perolehan medali pada Porprov mendatang, tetapi hanya mementingkan keikutsertaan atlet Wushu dalam ivent tersebut. Apalagi, sanksi yang akan diterima oleh Pengcab dan atlet akan sangat berat bila tidak mengikuti ivent tersebut.

“Jika kita tidak ikut, atlet dibawah binaan Pengcab Wushu Kota Padangpanjang tidak akan bisa lagi mengikuti berbagai ivent kejuaran Wushu baik tingkat Sumatera Barat maupun nasional, sementara saat ini kita memiliki dua orang atlet yang sedang mengikuti Pelatnas. Belum lagi untuk atlet binaan kita yang akan terus berkembang prestasinya,” jelas Arkes.

Disebutkannya, meskipun pada pelaksanaan Porprov tahun ini Pengcab Wushu tidak menargetkan perolehan medali dan hanya mementingkan prestise keikursertaan Padangpanjang. Tetapi, pihaknya tetap memaksimalkan persiapan atlet yang akan diturunkan nanti, dimana dari 18 atlet yang akan diturunkan, kelas Taulu diharapkan jadi penyumbang medali bagi kontingen Kota Padangpanjang.

“Bila dibandingkan antara kelas Sanda atau Tausu, kita lebih cenderung untuk mengandalkan kelas Tausu. Apalagi, kelas tersebut juga mampu menyumbang medali terbanyak di Porprov ke XII lalu. Dimana, kontingen Padangpanjang mampu meraih 4 medali emas, 8 perak dan 3 perunggu,” ungkapnya.

Untuk lokasi pelaksanaan TC sendiri, lanjut Arkes, Pengcab Wushu melaksanakan pembekalan bagi atlet dengan meminjam GOR Chatib Soelaiman maupun melaksanakan kegiatan latihan di lokasi-lokasi yang memadai, tergantung kesiapan Pengcab Wushu sendiri. Apalagi, dalam pelaksanaan latihan Pengcab Wushu masih kekurangan sarana dan prasana serta hanya bisa memanfaatkan fasilitas seadanya. (nto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*