Pengguna iMessage Buatan Apple Akan Menemukan Pesan Dengan Warna Gelembung Yang Berbeda

Pengguna iMessage Buatan Apple Akan Menemukan Pesan Dengan Warna Gelembung Yang Berbeda.

Pengguna iMessage Buatan Apple Akan Menemukan Pesan Dengan Warna Gelembung Yang Berbeda.

PADANGTODAY.COM-Pengguna iMessage buatan Apple pasti akan menemukan ada pesan-pesan tertentu yang berbeda warna. Satu waktu pesan tersebut terbungkus dalam gelembung hijau, di waktu lain terbungkus gelembung biru.

Jawaban singkatnya, warna biru adalah pesan yang dikirim dan terima menggunakan aplikasi iMessage sedangkan warna hijau adalah pesan teks tradisional atau SMS. Tapi apakah hanya sesederhana itu?

Bila menilik lebih jauh, pengguna akan menemukan ternyata ada juga pengguna yang menemukan pesan berwarna hijau meski sebenarnya sedang bertukar pesan dengan sesama pengguna iPhone. Begini sekilas penyebabnya, seperti dirangkum KompasTekno dari Cnet, Rabu (4/3/2015).

SMS umumnya merupakan pesan yang dikirim memakai jaringan yang sama dengan panggilan telefon. Pengguna yang mengirim SMS akan dikenakan biaya sesuai masing-masing operator.

iMessage buatan Apple bekerja layaknya SMS namun bergantung pada jaringan seluler atau WiFi (menyesuaikan jaringan yang sedang digunakan). Akibatnya, pengguna aplikasi ini bebas dari beban biaya SMS.

Ketika iPhone mengirimkan pesan ke pengguna Android, Blackberry atau Windows Phone, maka iOS akan mengenali bahwa nomor yang dituju tidak menggunakan iMessage. Sistem operasi itu pun mengubah pesan menjadi SMS, sehingga pesan tersebut akan dibalut gelembung hijau.

Saat pengguna menemukan gelembung hijau meski berkirim pesan dengan sesama iPhone, kemungkinan pertama penyebabnya adalah iMessage di perangkat Anda tidak aktif.

Untuk mengatasi masalah ini, cukup masuk ke dalam menu Settings, pilih Messages kemudian aktifkan fitur iMessage. Aktifkan juga mode “Send as SMS” sebagai pengganti saat tidak terhubung ke layanan data.

Kemungkinan kedua, penerima pesan tidak mengaktifkan iMessage di dalam perangkat Apple miliknya. Bila ini yang terjadi, tentu penerima pesanlah yang harus mengaktifkan layanan iMessage sehingga obrolan dapat lancar dilakukan dalam aplikasi itu.

Kemungkinan ketiga, iPhone yang digunakan tidak terhubung ke layanan data. Meskipun tak terhubung ke layanan data, pesan singkat biasanya akan tetap terkirim asalkan iPhone terhubung ke layanan selular operator, namun bentuk pesan itu berupa SMS.

(CNET/**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas