Penggunaan Perangkat IT, Pengaruhi Kerusakan Mata pelajar

Perangkat IT.

Perangkat IT.

Advertisements

PAYAKUMBUH, PADANGTODAY.com-Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh bersama delapan puskesmas di lima kecamatan kota ini, melakukan pemeriksaan kesehatan pelajar kota ini, di Puskesmas Payakumbuh Selatan di Kelurahan Padang Karambia, Kamis (6/11). Kegiatan dalam rangkaian Hari Kesehatan Nasional 2014 itu, melibatkan 80 pelajar untuk diperiksa kesehatannya.

Secara keseluruhan, kesehatan 80 pelajar SD/SMP yang dibawa pimpinan puskesmas itu cukup baik. Hanya saja, ketika dilakukan pemeriksaan mata, nyaris semua pelajar bersangkutan bermasalah dengan indra penglihatan ini. Pemeriksaan mata dilakukan dr. Noviandri, S.PM bekerjasama dengan beberapa optical di Payakumbuh.

“Mata pelajar bersangkutan umumnya mengalami persoalan, akibat penggunaan peralatan IT yang kurang tepat,” ucap Kadis Kesehatan Payakumbuh Elzadaswarman, MPPE, di Balaikota, Jum’at (7/11).

Menurut Elzadaswarman, penggunaan peralatan IT, seperti komputer, laptop, tablet atau HP, berpotensi mempengaruhi kerusakan mata. Walau begitu, alat-alat tersebut sangat dibutuhkan dalam era tekhnologi informasi. Para pelajar berlomba mencari berbagai literatur atau sumber pengetahuan buat kebutuhan mutu pendidikan.

Untuk mengantisipasi atau meminimalisir kerusakan mata di kalangan pelajar dan masyarakat, pihaknya akan melakukan kajian atau diskusi, dengan melibatkan seluruh dokter ahli mata di kota ini. Menurut Elzadaswarman, dalam penggunaan IT, seyogianya para pelajar menghindari pemakaian peralatan IT tersebut secara berlebihan. Kalau mata sudah lelah, seyogianya istirahat menggunakan peralatan IT dimaksud.

Menggunakan komputer, laptop, tablet dan HP untuk hal-hal yang tidak perlu sangat dihindari. Menonton di depan pesawat teve terlalu dekat pun, juga harus diwaspadai, karena akan mempercepat kerusakan mata, sebutnya.(malin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*