Pengumuman Peserta Lulus SNMPTN Sudah Dapat Diakses

Konferensi Pers Pengumuman Hasil SNMPTN 2015.

Konferensi Pers Pengumuman Hasil SNMPTN 2015.

Jakarta, PADANGTODAY.COM-Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2015 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Nilai rapor yang dijadikan sebagai penilaian dianggap menjadi proses apresiasi terhadap pendidikan Indonesia.

“Pendidikan tinggi harus memiliki akses luas dalam pelaksanaannya. Siswa dengan nilai rapor bagus, layak diberi apresiasi. Untuk itu dijadikan sebagai penilaian SNMPTN,” ucap Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) Herry Suhardiyanto di Gedung Kemendikbud Jakarta, Sabtu (9/5/2015).

Menurut Herry, prioritas terhadap mutu dan kualitas tetap dipertahankan. Siswa yang lolos SNMPTN adalah siswa yang pantas lulus karena nilai rapornya mulai semester I hingga semester V baik. Selain itu, melalui Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS), rekam jejak mengenai kinerja dan prestasi akademik siswa pun dapat diketahui.

“Data yang kuat dan komprehensif antara nilai rapor dengan kemampuan siswa juga mencakup didalamnya. Ini ditujukan agar tidak terjadi kesenjangan pendidikan akibat keberagaman SMA di Indonesia,” ujarnya.

Pelaksanaan SNMPTN telah dimulai sejak Januari lalu. Hari ini, Sabtu (9/5/2015) menjadi puncaknya. Pengumuman peserta lulus sudah dapat diakses melalui situs resmi www.snmptn.ac.id.

Seperti diberitakan sebelumnya, saat ini terdapat 852.093 siswa terdaftar yang berasal dari 15.317 sekolah, baik di dalam maupun Sekolah Republik Indonesia (SRI) di luar negeri. Dari jumlah tersebut, sebanyak 153.229 siswa diantaranya adalah pemohon/pendaftar Bantuan Biaya Pendidikan Bidikmisi.

“Bagi siswa yang belum lulus jangan berkecil hati. Masih ada proses Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN),” tuturnya.

SBMPTN 2015 digelar Juni mendatang. Menurut Herry, jalur seleksi ini bisa menjadi pilihan siswa selanjutnya.

(mma/mms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*