Pengurus FORIKAN Sumbar Kembali Dikukuhkan, Nasrul Abit: Tingkatkan Makan Ikan

Pengukuhan FORIKAN Sumbar, dikukuhkan oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit.

FORIKAN Sumbar, dikukuhkan oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit.

Advertisements

Padang, PADANG-TODAY.com-Pengukuhan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (FORIKAN) Daerah Provinsi Sumatera Barat pertama kali dilaksanakan pada tanggal 27 April 2011 di Padang. Beragam program sejak 2009, seperti pelaksanaan lomba masak ikan yang tiap tahunnya mengalami peningkatan hingga ke nasional. FORIKAN mendapatkan penghargaan pada tahun 2013 sebagai pencetus FORIKAN di Jawa Timur dan 2014 Adibakti bidang bahari oleh menteri di Jakarta.

Pekan ini Pengurus Forikan Daerah Provinsi Sumatera Barat kembali dikukuhkan. Dalam pengukuhan tersebut, ditetapkan Ibu Nevi Irwan Prayitno selaku Ketua FORIKAN Provinsi Sumatera Barat, Ibu Wartawati Nasrul Abit seabagai Wakil Ketua, Ketua Harian Ibu Dewi Novita, Wakil Ketua I Ibu Afridawati, Wakil Ketua II Ibu Anita Ali Asmar, serta Wakil Ketua III Ibu Parirefni. Sedangkan sebagai Sekretaris adalah Irwan, Sekretaris Harian I Siti Zakiah, Sekretaris Harian II Meri Desna, Wakil Sekretaris Mhd Daulai.

Pengurus lainnya yakni Bendahara M. Yosmeri, Pelaksana Bidang Penguatan Organisasi dan Pembinaan Daerah Titin Rostini, Bidang Peningkatan Produksi Usaha   Rina Sriyanti, Bidang Pembinaan Mutu Dipersifikasi dan Ketatabogaan Produk Azima, Bidang Promosi dan Pemasaran Maulana Musran, serta Bidang Pelaksana dan Publikasi Safran.

Pengurusan ini dikukuhkan langsung oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat Bapak Nasrul Abit selaku pembina FORIKAN Sumatera Barat. Nasrul Abit meminta kepada masyarakat untuk 1000 hari pertama meningkatkan makan ikan.

Konsumsi ikan masyarakat Sumatera Barat tahun 2014 sebesar 34,16 kg/kap/tahun dan meningkat menjadi 35,25 kg/kap/tahun pada tahun 2015. Namun angka tersebut masih di bawah konsumsi ikan Nasional yang pada tahun 2014 38 kg/kap/thn menjadi 40,9 kg/kap/tahunnya di tahun 2015.

Dengan memasyarakatkan makan ikan, dapat tercipta peningkatan konsumsi ikan yang ada. Oleh sebab itu Bapak Wakil Gubernur  berpesan  kepada Ibu FORIKAN Kabupaten/Kota menyampaikan kepada Bapak Bupati untuk memonitor harga pasar apalagi menjelang bulan Ramadhan. Wakil Gubernur menegaskan, jangan sampai ada tengkulak pasar yang akan memberatkan masyarakat nantinya.

Selanjutnya Nevi Irwan Prayitno selaku ketua mengajak para pengurus yang baru saja dilantik untuk menyatu-padukan gerak dan langkah, menggali dan meningkatkan peran serta unsur yang terkait baik pemerintah, swasta dan masyarakat, serta dalam rangka menyukseskan peningkatan konsumsi ikan masyarkat Sumatera Barat.

Pembentukan FORIKAN Provinsi Sumatera Barat, tingkat Kabupaten/Kota, serta kecamatan maupun kelurahan diharapkan dapat mendorong terciptanya dan mengubah pola pikri, serta perilaku masyarakat Provinsi Sumatera Barat untuk giat mengkonsumsi ikan secara teratur dalam jumlah yang memadai setiap harinya.

Dicanangkannya penetapan Hari Makan Ikan oleh Provinsi melalui Surat Keputusan Gubernur Sumatera Barat yang diperingati setiap tanggal 18 Juni yang juga diikuti oleh Kabupaten/Kota dengan menetapkan hari makan ikan berdasarkan surat keputusan bupati dan walikota masing-masing.

Gerakan Memasyarkatkan Makan Ikan (Gemarikan) membentuk kegiatan yang dilaksanakan dengan mengadakan lomba masak serba ikan yang melibatkan ibu-ibu PKK se-Kabupaten/Kota di Sumatera Barat. Hal ini perlu didukung dengan menciptakan kreatifitas dan cara pengolahan ikan yang baik, sehingga menghasilkan menu baru yang menimbulkan minat untuk mengkonsumsi makan ikan.

Lomba kampanye Gemarikan yang melibatkan partisipasi aktif anak sekolah tingkat SLTA perwakilan Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat, Promosi Bazar serta produk lahan hasil perikanan dan kelautan, serta lomba partisipasi aktif FORIKAN Kabupaten/Kota dalam meningkatkan mengkonsumsi ikan di daerah, serta implementasi program FORIKAN di PAUD dan Rumah Makan.

Ketua Pelaksana Lomba FORIKAN 2016 Bapak Yosmesi sekaligus Kepala Dinas Perikanan menyampaikan ada 5 tingkatan lomba yang diadakan dalam rangka kegiatan gerakan memasyarakatkan makan ikan tahun 2016. Menurutnya lomba yang digelar tersebut, di antaranya lomba FORIKAN yang diikuti 11 Kabupaten/Kota, lomba PAUD 11 Kabupaten/Kota, lomba Rumah Makan 9 Kabupaten/Kota, lomba masak 18 Kabupaten/Kota dan terakhir lomba jingle ada 10 Kabupaten/Kota. Dari semua kegiatan lomba yang telah dilaksanakan FORIKAN akan diumumkan lagsung setelah pengukuhan pengurus FORIKAN tahun 2016.

Lomba Kelembagaan FORIKAN Juara I Kab. Sijunjung, Juara II Kota sawahlunto, Juara III Kab. Agam, Harapan I Kota Solok, Harapan II Kab. Solok, Harapan III Kota Payakumbuh. Pada Lomba PAUD-FORIKAN Juara I Sawahlunto, Juara II Kab. Sijunjung, Juara III Kab. Limapuluh Kota, Harapan I  Kota Payakumbuh, Harapan II Kab. Agam, Harapan III Kota Padang.

Sedangkan pada Lomba Rumah Makan Juara I Kota Payakumbuh, Juara II Kota Solok, Juara III Kab. Agam, Harapan I Kab. Sijunjung, Harpan II Kota Sawahlunto, serta Harapan III Kab. Pesisir Selatan.(rel/dsp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*