Penjualan Perangkat Mobile Lesu Jelang Lebaran 2014

jelang-lebaran-2014-penjualan-perangkat-mobile-masih-lesuPADANGTODAY.com – Di tahun-tahun sebelumnya, setiap kali menjelang Lebaran, terjadi peningkatan permintaan atau penjualan perangkat mobile. Namun hal itu tidak nampak di tahun 2014 ini.

Menurut Ketua Persatuan Pedagang Pertokoan Simpang Lima Semarang Yohannes Gunawan, belum ada peningkatan permintaan atau juga penjualan perangkat mobile menjelang Lebaran 2014.

“Prediksi saya penjualan baik ponsel maupun gadget yang lain akan terasa pada H-3 Lebaran,” ujarnya di Semarang, seperti dikutip dari Antara, Jumat (18/07).

Menurutnya penjualan akan meningkat kembali usai Lebaran karena banyak anak yang membelanjakan uang hasil angpau untuk membeli ponsel atau tablet tipe terbaru.

“Peningkatannya antara 20-30 persen, dalam satu hari dari 100 pedagang ponsel yang ada di Plasa Simpang Lima bisa menjual hingga ratusan unit,” katanya.

Yohannes mengatakan untuk ponsel atau tablet yang banyak terjual yaitu di kisaran harga Rp200 ribu hingga Rp1 juta.

Untuk jenisnya tipe lokal sudah mulai tergeser oleh gadget yang bermerek, untuk merek yang menjadi idola yaitu Samsung.

“Penjualan gadget merek lokal justru mengalami penurunan karena harga gadget bermerek saat ini sangat bersaing dengan yang lokal,” jelasnya.

Penurunan gadget merek lokal mencapai 50-60 persen, kondisi tersebut sudah terjadi sejak tahun lalu.

Sementara itu Yohannes mengakui pada tahun ini penjualan gadget agak sepi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya mengingat tahun ini merupakan tahun politik.

“Tahun politik ini sangat berpengaruh terhadap semua sektor ekonomi, salah satunya penjualan alat elektronik, prediksi saya menjelang Lebaran kalau ada peningkatan jumlahnya tidak terlalu besar,” katanya.
(mr/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas