Penyakit Diabetes Memberikan Pengaruh Besar Terhadap Kesehatan Otak

Gula salah satu penyakit diabetes

Gula salah satu penyakit diabetes

Advertisements

PADANGTODAY.COM– Penyakit diabetes tak hanya bisa mengubah pola dan gaya hidup penderitanya, tetapi ternyata juga bisa memberikan pengaruh besar terhadap kesehatan otak. Peneliti menemukan bahwa diabetes tipe-2 tak hanya berkaitan dengan insulin, melainkan juga bisa menyerang fungsi kognitif otak. Berdasarkan penelitian terbaru, diabetes tipe-2 bisa mengurangi kualitas hidup dan kemampuan kognitif penderitanya.

Penelitian ini menunjukkan bahwa diabetes tipe-2 bisa membuat penderitanya mengalami penurunan kognitif. Hal ini ditemukan ketika hasil penelitian menunjukkan bahwa pasien diabetes tipe-2 memiliki nilai buruk dalam tes kognitif. Tes ini menilai kemampuan pasien untuk mengontrol emosi, perilaku, dan pemikiran.

“Fungsi otak ini sangat penting karena manusia bergantung padanya untuk mengontrol perilaku dan lingkungannya,” ungkap ketua peneliti Corrie Vincent dari University of Waterloo Kanada.

Peneliti telah menganalisis 60 penelitian dan membandingkan 9.815 penderita diabetes tipe-2 dengan 69.254 partisipan yang normal, serta mengukur kemampuan mereka dalam fungsi kognitif. Peneliti menemukan bahwa diabetes tipe-2 memiliki pengaruh terhadap kemampuan otak pasien.

Saat ini diperkirakan terdapat 600 juta pasien diabetes tipe-2 di seluruh dunia. Angka ini diperkirakan akan meroket hingga 800 juta kasus pada tahun 2030. Hal ini sebaiknya menjadi alarm tersendiri bagi masyarakat. Sekarang adalah saat yang tepat untuk mencegah diabetes serta memperkuat kemampuan otak dengan melakukan aktivitas yang bisa membuat otak bekerja.

Peneliti juga menambahkan bahwa beberapa aktivitas fisik seperti aerobik dan melakukan aktivitas yang melibatkan otak seperti bermain puzzle dan lainnya juga bisa membantu pikiran tetap fokus dan tajam.

(kun/**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*