PENYAKIT JANTUNG DOMINASI PENYEBAB KEMATIAN

Padang-today.com – Nevi Irwan Prayitno Ketua Yayasan Jantung Cabang Sumbar menyatakan,penyakit jantung dan stroke masih menempati posisi pertama penyebab kematian di Indonesia.

“Hingga saat ini, penyakit kardiovaskuler dan stroke tetap menduduki peringkat pertama dalam penyebab kematian masyarakat di seluruh dunia,”kata Nevi Irwan Prayitno.

Betapa tingginya tingkat kematian akibat serangan jantung, kita perlu mengenali gejala penyakit jantung dan serangan jantung serta hal yang harus kita lakukan untuk mencegah sakit jantung.

“Pencegahan merupakan hal penting yang harus kita lakukan karena mencegah lebih baik dari pada mengobati, mari kita rutinkan senam jantung sehat, serta memeriksakan diri  seperti tekanan darah, gula darah adn kontrol ke dokter bagi pasien jantung,”ajak Nevi Irwan Prayitno.

Ia menjelaskan agar tidak terkena serangan jantung pada masyarakat lakukan cara hidup sehat.

“Setidaknya 80 persen dari penyakit kardiovaskuler dapat dicegah dengan menjalani gaya hidup sehat sejak awal,”imbuhnya.

Ia menyatakan Kita dapat melakukan Bantuan Hidup dasar (BHD) pada orang yang pingsan dan tidak bernafas karena  seringkali detak jantungnya berhenti (meninggal) namun masih ada kemungkinan dapat hidup kembali  (bisa diselamatkan), makin cepat kita menolong makin tinggi kemungkinna diselamatkan.

“Oleh sebab itu kita perlu tahu menjadi sigap jikalau nanti ada sanak famili kita yang pinngsan henti nafas dan jantung,”katanya.

Selanjutnya Sekda Provinsi Sumatera Barat  Bapak Ali Asmar  juga mengajak masyarakatuntuk memeriksa tekanan darah secara rutin, mengadopsi gaya hidup sehat, dan mejaga tekanan darah di level normal, serta  bersama-sama menyukseskan rangkaian kegiatan yang akan di adakan Yayasan Jantung Indonesia bersama PERKI, Fakultas Kedokteran UNAND, dan BPJS Kesehatan  yang di mulai dengan perayaan Hari Jantung Sedunia.

“Selain itu kami juga berharap semakin banyak masyarakat memahami dan menjalani pola hidup sehat guna menjaga jantung kita,”tuturnya.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*