Penyeusaian Pangkat Guru Tertunda, Disdik Siapkan Tenaga Asessor

Padangpanjang, Padangtoday—Hampir seluruh tenaga pendidik yang ada di lingkungan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Padangpanjang harus tertunda kenaikan pangkat akibat tidak dijalankannya amanat Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) nomor 35 tahun 2010 tentang perubahan Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 16 tahun 2009.

Kepala Disdik Kota Padangpanjang, Desmon menyampaikan perubahan perturan perundang-perundangan tersebut berkaitan dengan jabatan fungsional guru dan angka kredit. Pasca diberlakukannya peraturan tersebut pada awal Januari 2013, penyesuaian pangkat guru harus melalui proses Penilian Kinerja Guru (PKG) oleh tenaga asessor.

“Namun disayangkan hal itu tidak pernah dilakukan sebelumnya, berkaitan juga akibat terbatasnya tenaga asessor selaku pihak yang akan melakukan penilaian terhadap kinerja guru. Saat ini kita hanya memiliki sekitar 37 tenaga asessor baru, yakni di tingkat pendidikan menengah atas,” terang Desmon melalui selulernya, Sabtu (16/10) pagi ini.

Permen 16 Tahun 2009 tentang penilaian kinerja guru adalah penilaian yang dilakukan terhadap setiap butir kegiatan tugas utama guru dalam rangka pembinaan karir, kepangkatan, dan jabatannya. Guru sebagai pendidik profesional mempunyai tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

Diaktakannya juga, penilaian kinerja guru memiliki dua fungsi utama, yakni untuk menilai unjuk kerja (kinerja) guru dalam menerapkan semua kompetensi yang diwujudkan dalam pelaksanaan tugas utamanya pada proses pembelajaran, pembimbingan, atau pelaksanaan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah.

Kemudian menghitung angka kredit yang diperoleh guru atas kinerja pembelajaran, pembimbingan, atau pelaksanaan tugas tambahan yang relevan denganfungsi sekolah/madrasah pada tahun penilaian kinerja guru dilaksanakan. Kegiatan penilaian kinerja dilakukan setiap tahun sebagai bagian dari proses pengembangan karir dan promosi guru untuk kenaikan pangkat dan jabatan fungsionalnya.

“Hasil penilaian kinerja guru tersebut untuk menentukan berbagai kebijakan yang terkait dengan peningkatan kompetensi dan profesionalisme guru sebagai ujung tombak pelaksanaan proses pendidikan dalam menciptakan insan yangcerdas, komprehensif, dan berdaya saing tinggi. Penilaian kinerja guru merupakan acuan bagisekolah/madrasah untuk menetapkan pengembangan karir dan promosi guru. Bagi guru, penilaian kinerja merupakan pedoman untuk mengetahui unsur-unsur yang dinilai dan sebagai sarana untuk mengkaji kekuatan dan kelemahan individu guna memperbaiki kualitas kinerjanya,” pungkas Desmon. (nto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*