Perankan Duta Pelajar Dalam Pembinaan Karakter

Padangpanjang, PADANGTODAY.com-Menyikapi era Proxy War, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Padangpanjang menyiapkan pembinaan karakter yang islami dan berwawasan kebangsaan secara berkesinambungan dengan memeransertakan kalangan peserta didik sendiri sebagai Duta Pelajar.

Kadisdik Padangpanjang, Desmon menyebut salah satu langkah strategis dalam menyikapi era proxy war adalah dengan meningkatkan peran serta peserta didik sendiri dalam membentuk karakter yang islami dan berwawasan kebangsaan. Masing-masing sekolah dari tingkat SMP hingga SMA, dibentuk satu perwakilan sebagai duta pelajar yang telah dibekali selama dua hari.

Perwakilan masing-masing sekolah yang telah dikukuhan sebagai Duta Pelajar pada Minggu (23/8) kemarin di komplek wisata Mifan, terdiri dari ketua-ketua OSIS SMP, MTs, SMA, SMK dan MA negeri dan swasta. Pengukuhan duta pelajar tersebut dikatakan sebagai puncak dari kegiatan pelatihan dan pembinaan karakter islami serta wawasan kebangsaan.

“Rangkaian kegiatan pembinaan karakter dan wawasan kebangsaan tesebut telah kami gelar atas kerja sama dengan jajaran Kodim 0307 Tanahdatar dan Barka Training Centre Padangpanjang. Duta pelajar yang telah dikukuhkan tersebut, nantinya akan berfungsi sebagai perpanjangan tangan untuk pembinaan di lingkungan sekolah masing-masing,” ungkap Desmon di ruangan kerjanya, Senin (31/8) siang ini.

Pasca dikukuhkannya duta pelajar, masing-masingnya akan membentuk struktural di internal sekolah guna menyusun program kegiatan yang nantinya dihimpun secara global. Beberapa bentuk program kegiatan duta pelajar di sekolah, diantaranya terkait bahaya penggunaan narkoba dan pergaulan bebas serta lainnya.

Desmon juga mengharapkan terselenggaranya program duta pelajar baik di tingkat sekolah maupun tingkat kota demi tercapainya upaya antisipasi proxy war terhadap kalangan generasi bangsa. Setidaknya disebutkan peserta didik kota berjuluk Serambi Mekkah bisa menjadi pelajar Islam yang berimtaq baik, mandiri, cinta tanah air dan memiliki wawasan kebangsaan yang kuat.

“Melalui tangan-tangan duta pelajar tersebut, diharapkan mampu mempercepat penguatan karakter generasi muda sebagai cikal bakal pemimpin bangsa yang mumpuni sesuai dengan harapan. Selain itu, peserta didik Padangpanjang tidak terjerumus dalam kesesatan karena pengaruh kuat budaya barat melalui pesatnya kemajuan tekhnologi,” pungkasnya. (nto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*