Perbaikan Irigasi Banda Gadang Tandikek Butuh Perhatian

Padang-today.com__Walinagari Tandikek Kecamatan Patamuan, Saharuddin berharap adanya perhatian dari pihak terkait di lingkungan Pemkab Padang Pariaman untuk perbaikan aliran irigasi Banda Gadang atau Banda Baru I yang ada di nagari tersebut.

Seperti ditegaskan Saharuddin, saluran irigasi yang mengairi ratusan hekatare lahan pertanian masyarakat di Kecamatan Patamuan itu, sebelumnya sempat mengalami kerusakan serius akibat dipicu longsor saat hujan jebat mengguyur daerah tersebut.

“Untuk sementara ini kerusakan saluran irigasi tersebut baru hanya dilakukan secara swadaya oleh masyarakat petani yang ada di Nagari Tandikek induk ini bersama jajaran terkait lainnya, sementara bantuan dari instansi terkait sama sekali belum ada,” terangnya.

Padahal lanjutnya, untuk bisa membenahi secara permanen tentunya dibutuhkan anggaran yang cukup besar, yang berasal dari Dinas PU atau bantuan pihak provinsi lainnya.

“Karena dengan hanya mengandalkan swadaya masyarakat saja jelas, kemampuan masyarakat untuk itu sangat terbatas. Untuk itulah kita tentunya sangat berharap dukungan dan perhatian dari pihak terkait yang ada,” terangnya.

Sebelumnya lanjut Saharuddin, pihaknya dari pemerintahan nagari bahkan telah melayangkan surat secara resmi kepada pihak terkait. Baik itu pihak PU Kabupaten bahkan juga kepada pihak PSDA Sumbar.

“Namun sampai saat ini nampaknya belum ada tanggapan yang pasti. Makanya ke depan kita jelas sangat berharap dukungan dari pihak terkait. Apalagi saluran irigasi Banda Gadang selama ini sangat fital artinya dalam mengairi ratusan hekatare lahan pertanian masyarakat yang ada di sekitar Kecamatan Patamuan dan sekitarnya,” imbuhnya.

Yang mengkhawatiran pihaknya, bila kerusakan saluran irigasi Banda Gadang tersebut tidak dibenahi sebagaimana harusnya, maka bisa saja ke depannya akan berakibat buruk. Termasuk bisa mengakibatkan ambrolnya aliran irigasi yang ada di kawasan itu. (suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas