Percepatan Pembangunan Pasar Pariaman, Pemko Gelar Pertemuan Dengan Pemangku Kepentingan

wakil walikota pariaman Mardison Mahyuddin beri sambutan pada salah satu acara di kediaman Wailkota Pariaman

Padang-today.com__Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat, akan mengupayakan percepatan pembangunan Pasar Pariaman agar para pedagang nantinya tidak terlalu lama menunggu dan dapat menempatinya secepat mungkin.

Untuk mewujudkan semuanya ini, pihak Pemko dan Pedagang menggelar pertemuan untuk menyepakati dan mendukung pembangunan pasar di daerah itu, Selasa 29-01-2019 di Kediaman Walikota Pariaman.

Selain Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin, turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Kota Pariaman, Gusniyeti Zaunit, Wakil Ketua DPRD Kota Pariaman Syafinal Akbar, Ketua Kadin Kota Pariaman Jamohor, Kerapatan Adat Nagari (KAN) empat kenagarian di Kota Pariaman, tokoh masyarakat dan ratusan pedagang Pasar Pariaman.

“Pembangunan Pasar Pariaman sudah harus dilakukan karena kondisinya rusak parah sejak diguncang gempa pada 2009 dan 2016,” kata Wakil Wali Kota Pariaman Mardison Mahyuddin usai menggelar rapat dengan para pemangku kepentingan.

Pembangunan Pasar Pariaman ini penting karena tidak hanya digunakan untuk warga kota itu, namun juga warga Kabupaten Padang Pariaman yang dekat dengan Kota Pariaman.

Dengan terciptanya pembanunan ini, diharapkan meningkatkan pendapatan pedagang di Pasar Pariaman, dan juga pelaku-pelaku ekonomi yang ada di daerah itu.

Selain itu dapat memudahkan akses transaksi jual beli, dan bahkan dapat menjadi ikon belanja di Kota Pariaman.

Agar pembanguanan  ini berjalan lancar pihaknya merasa perlu melaksanakan rapat dengan pemangku kepentingan dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, anggota DPRD setempat, dan organisasi perangkat daerah.

ia menegaskan, Kios-kios yang dibangun di pasar Pariaman tersebut seluruhnya untuk pedagang yang memiliki kartu kuning. Kesemuamya akan  dibangun kurang lebih 300-an untuk pedagang.

“Tidak ada petak toko atau kios yang diperuntukan untuk pejabat di Pemko Pariaman,” tegas Mardison.

Pembangunan pasar tersebut, sepenuhnya karena ke-inginan masyarakat Kota Pariaman. Tepatnya pada hari ini pihak pemko dan pedaganag sudah sepakat untuk membangun pasar yang akan menelan biaya Rp 120 miliar dari dana pusat.

“ Mari kita awasi pelaksanaannya bersama-sama. Jangan pedagang mendengarkan isu-isu yang tidak bertanggungjawab dari pihak yang tidak jelas. Jika ada yang mengganjal, silakan tanyakan langsung pada saya,” kata dia.

Sebut saja Jasman, salah satu pedagang di pasar itu mengatakan, pelaksanaan pembangunan pasar tersebut perlu hendaknya semua elemen masayarakat kota Pariaman membantu dan mendukung pembanguanan pasar tersebut.

Kenapa tidak, sudah sekian lama para pedagang mengidam-idamkan teruwujudnya pembanunan pasara itu, dengan terlahirnya pasangan Genius Umar bersama Mardison Mahyudddin, kita sedikit dapat berbanga dengan terlaksananya pembangunan yang diharapkan pedagang di Kota Pariaman.

“Patut kita apresiasi kepiawaian Walikota Pariaman Genius Umar yang mampu mendatangkan dua menteri pada saat yang bersamaan mengunjungi pasar Pariaman. Sehingga pembangunan pasar Pariaman yang sudah tertunda beberapa tahun dapat dilanjutkan dengan bantuan dana pemerintahan. Apa pun alasannya, pembangunan pasar ini patut didukung semua pihak,” kata dia.

Ia berharap, dengan selesainya masalah bagi pedagang dengan terwujudnya pasar itu, jagan ada muncul masalah baru yang dihadapi para pedagang.

“Dalam pelaksanaannya, diharapkan ada kejelasan bagi pedagang. Jangan sampai seperti pembangunan pasar-pasar di daerah lain yang sudah berlalu, pasarnya selesai, muncul masalah bagi pedagang,” kata dia.

Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Kota Pariaman, Gusniyeti Zaunit juga menegaskan, secara teknis bagaimana proses penempatan dan lokasi kios-kios pedagang nantinya, akan dibahas lebih lanjut.

Artinya, pihaknya akan melibatkan OPD terkait, KAN dan perwakilan pedagang. Penempatan pedagang nantinya akan diatur sesuai dengan jenis dagangannya. Sehingga pasar yang dibangun tersebut menyenangkan bagi pengunjung nantinya.(suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas