Perda yang Mengayomi Lembaga di Kelurahan

Tugu Adipura Payakumbuh

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Perda Kota Payakumbuh Nomor 24 Tahun 2016 adalah Perda yang lahir atas inisiatif DPRD Payakumbuh 2014-2019, untuk mengayomi lembaga-lembaga kemasyarakatan yang ada di kelurahan. Termasuk, LPM, TP-PKK, RT/RW, Bundo Kanduang, dan Karang Taruna

Inilah, beberapa pasal-pasal penting dalam Perda tersebut:

Pasal 5 s/d Pasal 18

Mengatur segala hal yang terkait dengan LPM. Mulai dari mekanisme pembentukan, maksud dan tujuan, tugas fungsi dan kewajiban, serta kepungurusan dan keanggotan, hinga tata kerja.

Pasal 19 s/d Pasal 34:

Mengatur segala hal yang  terkait dengan TP-PKK Kelurahan. Mulai dari mekanismepembentukan, maksud dan tujuan, tugas fungsi dan kewajiban, kepungurusan dan keanggotan, tata kerja, hingga hubungan dengan TP-PKK Kecamatan dan TP-PKK Kota.

Pasal 35 s/d Pasal 48:

Mengatur segala hal yang  terkait dengan keberadaan Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW). Mulai dari mekanismepembentukan, maksud dan tujuan, tugas fungsi dan kewajiban, kepungurusan dan keanggotan, hingga tata kerja.

Pasal 49 s/d Pasal 62:

Mengatur segala hal yang  terkait dengan keberadaan Karang Taruna. Mulai dari mekanismepembentukan, maksud dan tujuan, tugas fungsi dan kewajiban, kepungurusan dan keanggotan, hingga tata kerja.

 Pasal 63 s/d Pasal 69:

Mengatur segala hal yang terkait dengan Lembaga Kemasyarakatan Lainnya yang dapat dibentuk di kelurahan.

Pasal 70 s/d Pasal 71:

Mengatur tentang keberadaan Kader Pemberdayaan Masyarakat di setiap kelurahan.

Pasal 72 s/d Pasal 74

Mengatur hubungan kerja antar Lembaga Kemasyaratan Kelurahan (LKK).

Pasal 75 s/d Pasal 78

Memberi kepastian terhadap pendanaan dan payung hukum anggaran untun seluruh Lembaha Kemasyarakatan di Kelurahan.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*