Peresmian Los Pasar Muaro Nagari Paiti, Potensi Kapur IX Sangat Tinggi

Peresmian Los Pasar Muaro Nagari Paiti, Potensi Kapur IX Sangat Tinggi

Peresmian Los Pasar Muaro Nagari Paiti, Potensi Kapur IX Sangat Tinggi

Advertisements

Limapuluh Kota, PADANG-TODAY.com-Bupati Lima Puluh Kota Irfendi Arbi meresmikan Los Pasar Nagari Muaro Paiti Kecamatan Kapur IX, Jumat(13/5). Los Pasar Nagari Muaro Paiti merupakan bantuan pemerintah Pusat atas kerjasama Kementerian Perdagangan dengan Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Sarana Perdagangan Tahun 2015. Anggota DPRD Provisi Sumbar Darman Sahladi, SE juga hadir dalam acara itu.

Potensi Kapur IX sangat tinggi, dengan dibangun Los Pasar Nagari Muaro Paiti bersama Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten harus satu perencanaan. Apalagi Dana Desa/Nagari sekarang Milyaran, akan dikucurkan per Nagari sebagai pembangunan Nagari. Penting adanya Wali Nagari defenitif dan orang yang mengerti Akuntasi dalam menjalankan keuangan.

“Saya titip, pasar ini dijaga menjadi pasar yang bersih. Dijaga, jangan sampai ada yang namanya sampah”, kata Irfendi Arbi sambil meminta kesanggupan pedagang untuk menjaga kebersihan pasar agar tidak kotor dan bau.

Pada peresmian Pasar Manis tersebut, Irfendi Arbi menyampaikan pentingnya pemanfaatan pasar bagi pedagang dan masyarakat. Terlebih, jika pasar rakyat tersebut bersih dan modern, maka akan banyak konsumen yang datang dan meningkatkan transaksi serta omzet pedagang akan bertambah.

“Pendapatan ikut meningkat, sehingga ekonomi daerah ikut tergerak seiring produksi yang meningkat,” ujar Irfendi Arbi.

Selain itu, Irfendi Arbi menambahkan, pasar dapat difungsikan secara optimal jika dana yang dialokasikan kepada Pemerintah Daerah untuk membangun pasar digunakan sesuai peruntukannya sehingga memberikan manfaat bagi para pedagang.

Pasar tradisional yang identik dengan becek, bau, pengap, dan kotor perlahan namun pasti kini sudah mulai ditinggalkan setelah pemerintah secara bertahap melakukan revitalisasi.

Pada kesempatan itu diserahkan bantuan Mesjid dan Mushola juga Sembako untuk Nagari Galua. Bantua Logistik (Beras 250 Kg, Ikan Sarden dana Minyak Goreng 10 Dus) dari BPBD, BPKB dan Dinas Sosial.(rel/dsp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*