Pergeseran Jabatan di Limapuluh Kota: Bupati Kukuhkan 680 Pejabat Struktural

Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi, melantik dan mengukuhkan ratusan pejabat struktural jajaran Pemkab di halaman eks kantor bupati pusat Kota Payakumbuh, Kamis (29/12) siang.

Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi, melantik dan mengukuhkan ratusan pejabat struktural jajaran Pemkab di halaman eks kantor bupati pusat Kota Payakumbuh, Kamis (29/12) siang.

Advertisements

Limapuluh Kota, PADANG-TODAY.com-Setelah tiga kali melakukan prosesi pergeseran jabatan terhadap pejabat struktural pasangan kepala daerah Kabupaten Limapuluh Kota, Irfendi Arbi-Ferizal Ridwan kembali menggelar mutasi, rotasi dan promosi jabatan. Pada prosesi pelantikan dan pengukuhan, Kamis (29/12) siang, sebanyak 680 pejabat kembali dikukuhkan.

Prosesi pengambilan sumpah jabatan pejabat teras Limapuluh Kota yang dilakukan langsung oleh Bupati Irfendi Arbi, kali ini, tidak hanya menyasar pejabat struktural (eselon III-IV) tetapi juga pejabat eksekutif setingkat eselon II. Bupati Irfendi Arbi berharap, prosesi pengukuhan jabatan ke depan akan bisa memacu kinerja pemerintah serta memaksimalkan pelayanan masyarakat.

“Banyak terget perlu kita pacu, untuk mencapai visi pembangunan daerah ini ke depan. Saya berharap, begitu menempati jabatan baru awal Januari 2017 mendatang, seluruh aparatur dan mesin birokrasi kita bisa bekerja maksimal. Terutama dalam memberi pelayanan kepada masyarakat,” sebut Irfendi, dalam sambutannya di halaman eks kantor bupati di pusat Kota Payakumbuh.
Kendati sudah menempati posisi yang baru, Irfendi meminta, kepada pejabat yang dikukuhkan agar segera menyelesaikan berbagai tunggakan kinerja seperti perihal administrasi serta pertanggungjawaban keuangan sampai akhir 2017 ini. Karena, lanjutnya, hal itu akan mempengaruhi sistem kinerja birokrasi pada tahun depan.
Irfendi menyebut, berbagai tantangan akan semakin meningkat pada 2017. “Untuk itu, bekerjalah secara ikhlas karena Allah, karena kita tidak hanya bertanggung jawab di dunia tetapi juga di akhirat. Saya dulu pernah berdiri disini, jabatan ini adalah amanah. Kalau kita bekerja ikhlas, hasilnya akan baik,” tuturnya.
Terhadap pelayanan masyarakat, katanya, Pemerintah Daerah saat ini dihadapkan berbagai tuntutan seperti perkembangan teknologi. Untuk itu, pada masa yang akan datang, Pemkab perlu memberlakukan sistem elektronik planning atau e-budgeting. Tujuan dalam pembangunan dan memperbaiki pelayanan, akan terwujud apa bila para pejabat dapat mengimbangi dengan kinerja baik.
Irfendi dalam kesempatan tersebut, juga minta maaf kepada para aparatur yang belum memperoleh jabatan sesuai keinginannya. “Perayalah, proses penempatan jabatan ini, saya lakukan secara profesional, sesuai kemampuan bapak-ibuk semua. Ini demi mempercepat perbaikan dan kinerja kita semua,” imbuhnya.
Pelaksana tugas (Plt) Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Arneta Budi Putra, melalui Kabag Humas Setkab Joni Amir menyebutkan, dalam prosesi pengukuhan Kamis siang, selain pejabat eselon III/IV juga pelantikan menyasar pejabat eselon II. Dari sebanyak 680 pejabat eselon, kata Joni Amir, tediri dari 30 orang pejabat eselon II/a dan b (1 orang Kadisdukcapil).
Adapun lainnya, yakni pejabat eselon III/a, sebanyak 57 pejabat (1 pejabat Disdukcapil), eselon III/b sebanyak 114 orang, serta eselon IV sebanyak 479 orang (15 pejabat Disdukcapil). Selain bupati, turut hadir dalam prosesi pelantikan dan pengukuhan pejabat baru itu, Ketua DPRD Saparudin Dt Bandaro Rajo serta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*