Peringatan HKN di Payakumbuh Meriah dan Berkah

Kadiskes Elzadaswarman menyerahkan bantuan sembako kepada warga Ompang Tanah Sirah dalam acara bakti kesehatan.

Kadiskes Elzadaswarman menyerahkan bantuan sembako kepada warga Ompang Tanah Sirah dalam acara bakti kesehatan.

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Demi menciptakan generasi  yang cinta sehat, Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh memeriahkan  Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-52 dengan menggelar sejumlah kegiatan yang sarat pesan hidup sehat. Seluruh rangkaian kegiatan yang dimulai pertengahan Oktober 2016 itu, berlangsung cukup meriah tanpa lupa memohon keberkahan dari Allah SWT.

Puncak peringatan HKG ke-52 ini akan digelar 12 November 2016 dengan pelaksanaan Upacara Peringatan di halaman Kantor Dinas Kesehatan di Jalan Khatib Sulaiman Payakumbuh, di Kelurahan Padang Karambia, Kecamatan Payakumbuh Selatan.

Ketua Panitia HKN ke-52 yang juga menjabat Sekretaris Dinas Kesehatan Payakumbuh, Desmon Korina, SIP menginformasikan, Minggu (6/11), peringatan HKN kali ini bertujuan mendekatkan dan meningkatkan layanan kesehatan kepada masyarakat. Di samping itu, peringatan HKN juga dimaksudkan menanamkan kesadaran hidup sehat kepada masyarakat dengan melakukan tindakan promotif dan preventif.

“Kesehatan  bukan hanya milik petugas kesehatan, tetapi milik semua masyarakat. Makanya pembangunan kesehatan yang lebih menekankan upaya promotif dan preventif membutuhkan peran-serta masyarakat. Peran-serta itu dalam bentuk tanggung jawab menjaga diri sendiri, keluarga dan lingkungan, serta berkomitmen hidup sehat,” tutur Desmon Korina.

Kegiatan yang digelar Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh dalam rangka HKN ke-52 ini antara lain lomba penyuluhan kesehatan dan lomba stand up komedi untuk siswa, lomba berbalas pantun antar guru UKS, lomba stand up komedi antar petugas kesehatan, lomba senam Prolanis antar kelompok pra-lansia dan lansia, lomba senam sikat habis antar unit kerja, lomba K3 di lingkungan Dinas Kesehatan, lomba opera antar unit kerja, lomba mars, serta lomba olahraga gembira untuk petugas kesehatan dan anak-anak. Para pemenang akan diumumkan pada upacara HKN ke-52.

Selain berbagai lomba di atas, Dinas Kesehatan juga menggelar kegiatan jambore dan bakti sosial yang bertempat di lapangan Talawi Kelurahan Ompang Tanah Sirah, Kecamatan Payakumbuh Utara pada tanggal 29-30 Oktober 2016. Kegiatan bakti sosial yang dilakukan berupa donor darah, pemeriksaan kesehatan gratis, pemeriksaan gigi, pemberian sembako, serta pembayaran tunggakan BPJS Kesehatan 6 KK miskin yang mengikuti BPJS lewat jalur mandiri.

Yang tak kalah istimewa, kemeriahan HKN tahun ini dilengkapi dengan kegiatan tilawah dan tausiah peningkatan motivasi kerja dari Ustad Yengki Otrio. Dengan ini diharapkan petugas kesehatan dapat bekerja dari hati yang ikhlas dan sabar. Sehingga mutu dan kualitas pelayanan kesehatan dapat ditingkatkan, serta diberi keberkahan oleh Allah SWT.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas