Peringatan Maulid Nabi Dapat Pererat Tali Silaturahmi Antar Masyarakat

Bupati Agam bersama masyarakat Sago saat peringatan Maulid Nabi.

Bupati Agam bersama masyarakat Sago saat peringatan Maulid Nabi.

Advertisements

AGAM, PADANGTODAY.com-Bupati Agam Indra Catri mengajak masyarakat untuk selalu memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW setiap tahunnya, hal itu sebagai bentuk kecintaan kita umat Islam kepada Rasulullah Muhammad SAW. Bupati Agam Indra Catri mengatakan hal tersebut saat menghadiri acara Maulid di masjid Al Ikhlas Sago Kenagarian Manggopoh Kecamatan Lubukbasung, Minggu (22/2) Kemarin.

Pada kesempatan itu, Indra Catri sangat bangga terhadap masyarakat Jorong Sago yang berbondong-bondong datang ke Mesjid untuk memperingati Maulid, dari yang tua, muda sampai anak-anak pun ikut meramaikan acara maulid tersebut.

“Ini merupakan suatu bentuk kecintaan masyarakat kita terhadap Rasulullah Muhammad SAW dengan memperingati hari lahir Nabi Muhammad setiap tahunnya dengan berkumpul bersama di mesjid dan mushalla untuk melaksanakan dzikir, bershalawat, mengadakan pengajian dan mendengarkan ceramah, “ujar Bupati Agam Indra Catri.

Bupati menambahkan, dengan kegiatan seperti ini dapat mempererat tali silaturahmi antar masyarakat, serta untuk mendekatkan generasi muda kita agar kembali ke mesjid dan mushalla, sehingga generasi muda dapat terhindar dari hal-hal yang negatif yang merugikan dirinya sendiri dan masyarakat.

Selain itu, kegiatan Maulid Nabi juga sebagai bentuk melestarikan tradisi Minangkabau, karena pada acara Maulid, kaum ibu-ibu dan remaja putri selalu membuat lamang tapai dan masakan dalam jamba yang wajib di hadirkan dalam acara- acara keagamaan dan acara adat di nagari-nagari.

“Tidak mungkin mereka tetap bermusuhan dan saling benci, setelah mereka bersama-sama berbaur dalam makan bajamba yang dibawanya dari rumah, ini merupakan suatu bentuk kekompakan masyarakat kita. Mudah-mudahan kegiatan seperti ini bisa ditingkatkan lagi kedepannya dan memperbanyak melakukan pertemuan seperti ini, Karena dengan sering melakukan pertemuan, prasangka fitnah pada kita juga akan terhinda, “tambah Bupati Agam.(martunis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*