Peringati Hari Guru Nasional, Ratusan Guru ikuti Seminar Parenting For Teacher PKPU Padang

 

PADANG,PADANGTODAY.COM- Kemampuan guru menciptakan suasana menyenangkan di sekolah menjadi kunci penting akan suksesnya pendidikan. Guru dituntut untuk selalu kreatif dan mampu mengiringi perubahan dilingkungan sekolah dengan memahami beragam karakter anak didiknya masing-masing. Namun masih banyak guru terjebak dalam rutinitas mengajar sehingga suasana belajar jadi membosankan.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang Habibul Fuadi saat membuka Seminar Parenting For Teacher yang diselenggarakan dalam memperingati Hari Guru Nasional oleh Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU Padang, Minggu (22/11).

Dalam acara seminar sehari di Aula RRI Padang tersebut hadir sekitar 250 an peserta dengan menekankan tema bagaimana guru untuk merancang metode pembelajaran kreatif, inspiratif dan menyenangkan sesuai karakter siswa. Hadir sebagai trainer sekaligus motivator sekaligus penulis buku dan dosen dari Bandung, Ryan Martian.

Habibul menambahkan, pihaknya kerap mendapatkan laporan dan keluhan dari para orang tua terkait perilaku guru yang kurang cocok dalam berbahasa sehingga tidak diterima dengan baik oleh anak. Untuk itu pihaknya mengajak para guru, dengan memomentum Hari Guru Nasional yang jatuh 25 Nopember 2015 ini dengan evaluasi serta introspeksi diri.

Dalam seminar dikemas secara atraktif dan sarat dengan pengalaman pendidikan ini, Ryan Martian menekankan pentingnya para guru memiliki kemampuan multimedia. Dengan cara ini akan memudahkan memahami anak sesuai karakter mereka masing-masing. Guru harus mampu menjadikan dirinya orang yang disenangi anak didik, dengan demikian apapun materi pembelajaran akan lebih mudah diterima dengan baik.

Hal senada juga disampaikan Harneli Bahar Mahyeldi saat membuka acara dengan mendorong guru untuk menguatkan pendidikan berkarakter sehingga anak didik dapat maksimal dalam mengembangkan diri dan berprestasi.

Pada kesempatan itu PKPU Padang turut menyerahkan anugerah Tabung Peduli Award kepada 20 sekolah mitra Tabung Peduli di Kota Padang yang telah bekerjasama melakukan edukasi infak kepada para siswanya. Dari tabung peduli itulah pelatihan guru ini telaksana di samping juga diperuntukan dalam bentuk beasiswa anak yatim dan dhuafa di Kota Padang.

Kepala Cabang PKPU Padang, Priambodo Ario Pamungkas menjelaskan, dengan meningkatkan kemampuan para guru maka akan berdampak langsung pada peningkatan kualitas pendidikan. Seminar ini menjadi kado bagi para guru dalam Hari Guru Nasional tahun ini.(can)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*