Peringati Hari Ibu Ke-91, Payakumbuh Tuan Rumah Pertemuan Bulanan ISKADA se-Sumatera Barat

Ketua Dekranasda Payakumbuh Henny Riza Falepi hadiri Lomba Busana Daerah, Bagodang Payakumbuh 2016, Rabu (19/10).

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Dalam rangka memperingati Hari Ibu Ke-91, Tim Penggerak PKK, BKOW/GOW, dan Dharma Wanita Persatuan Se- Provinsi Sumatera Barat melaksanakan pertemuan bulanan para Isteri Kepala Daerah ( ISKADA ) se-Sumatera Barat di Kabupaten/Kota yang berbeda. Dan pada akhir tahun 2019 ini, Kota Payakumbuh ditunjuk sebagai tuan rumah acara pertemuan tersebut. Pertemuan ini diadakan di Medan nan bapaneh Ngalau indah, Senin(16/12/2019).

Pertemuan Isteri Kepala Daerah yang merupakan ketua Tim Penggerak PKK Kota/ Kabupaten ini merupakan kegiatan rutin bulanan yang bertujuan untuk mempererat hubungan silaturahmi sesama pengurus dan kader PKK se Provinsi Sumatera Barat, dan juga merupakan suatu cara untuk mendapatkan informasi terkini yang inovatif, serta kegiatan yang bermanfaat di setiap Kabupaten/Kotanya.

Acara pertemuan bulanan ini dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumatera Barat yang dalam hal ini diwakilkan oleh Kepala Dinas DP3AP2KB Provinsi Sumatera Barat Besri Rahmat.

Dalam sambutannya Besri mengatakan peringatan hari ibu dimaksudkan untuk senantiasa mengingatkan seluruh rakyat indonesia terutama generasi muda akan makna hari ibu sebagajadi i hari persatuan dan kesatuan perjuangan kaum perempuan yang tidak terpisahkan dari kebangkitan perjuangan bangsa. Sesuai dengan tema acara hari ini “Perempuan berdaya, Indonesia maju” Kaum perempuan tidak hanya menjadi pengguna hasil pembangunan namun ikut serta dan memiliki andil dan berperan di segala aspek pembangunan nasional,” ujar Besri

Selanjutnya Besri mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Payakumbuh, Dinas dan Instansi terkait lembaga masyarakat dan seluruh lapisan masyaramat yang sudah berperan aktif dalam berbagai kegiatan sebagai penyelenggaraan Peringatan Hari Ibu Ke-91 tahun 2019.

Besri berharap Peringatan Hari Ibu Ke-91 ini dapat mendorong terciptanya kesetaraan perempuan dan laki-laki pada sebagai pemersatu para isteri kepala daerah baik itu istri Wali Kota/Wakil Wali Kota atau istri Bupati/Wtiap aspek kehidupan baik dalam keluarga, Masyarakat maupun bangsa dan negara untuk mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dan berkeadilan,” pungkasnya.

Ketua TP-PKK Kota Payakumbuh Ny.Henny Riza Falepi mengatakan pertemuan ini merupakan agenda bulanan seakil Bupati yang ada dalam Provinsi Sumatera Barat.

” Kita harapkan, pertemuan ini mampu sebagai ajang silaturrahmi dan bertukar pikiran secara bersama-sama membantu para suami dalam menjalankan roda pemerintahan sebagai kepala daerah dengan 10 program pokok andalan PKK,” ujar Ny. Henny

sehingga, tambah Ny.Henny, Peranan kita sebagai pendamping suami ini dapat disinergiskan dengan semua mitra strategis kita, baik SKPD maupun lembaga non pemerintahan.

” Untuk itu saya mengharapkan adanya terus kekompakan dan saling mengisi diantara kita. Meski tinggal berjauhan di beberapa Kabupaten/Kota tapi kita dekat di hati,” ungkapnya.Acara tersebut diisi dengan berbagai tarian, dan lagu serta seni lainnya dari sanggar seni binaan Dispapora Kota Payakumbuh dan TP PKK Kota Payakumbuh. Selain itu juga diisi dengan paparan tentang kesehatan perempuan, Pemaparan laporan kegiatan BKOW/GOW Kota Payakumbuh .

Turut hadir pada acara tersebut Isteri Gubernur Sumatera barat Ny.Nevi Irwan Prayitno,  Isteri Wakil Gubernur Sumatera Barat Ny. Wartawati Nasrul Abit, Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz, Sekda Kota Payakumbuh Rida Ananda, ketua TP PKK, Ketua/wakil seluruh TP PKK, BKOW/GOW, dan DWP se kabupaten/Kota se Sumatera barat, kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Bundo Kanduang, Camat, Lurah, dan TP PKK Kecamatan   se-Kota Payakumbuh.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas