Peringati Hari Pahlawan, Wawako Mawardi Ajak Semua Lapisan Masyarakat Junjung Tinggi Nilai-Nilai Kepahlawanan

Padang Panjang, Padang-Today.com – Dengan mengusung tema “Perkokoh Persatuan Membangun Negeri” Kota Padang Panjang Gelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Lapangan Anas Karim, Jum’at (10/11).

Wakil Walikota Padang Panjang, Mawardi, selaku Inspektur Upacara menyampaikan Amanat Menteri Sosial Republik Indonesia Khofifah Indar Parawansa. Dalam amanatnya, Mawardi berkisah tentang bagaimana seorang pahlawan Indonesia telah berhasil merebut Kemerdekaan dari tangan penjajah.

“Untuk kedepannya kita harus bersatu agar dapat memasuki kesejahteraan yang lebih berdaulat adil dan makmur. Apabila kita mampu bersatu sebagai satu bangsa maka kita dapat maju bersama-sama dan mendistribusikan berkah kemerdekaan bagi seluruh masyarakat Indonesia,” ujar Mawardi.

Mawardi juga berharap dalam Hari Pahlawan tahun 2017 ini agar dapat menjadi momentum sekaligus menjadi inspirasi bagi seluruh komponen bangsa untuk membangun Negara Indonesia.

“Ketika rasa persatuan kita sudah mulai rapuh dan memudar, karena sekat-sekat pembeda maupun oleh perkembangan teknologi informasi, seharusnya spirit, perjuangan, dan pengorbanan para pahlawan menjadi fondasi yang kokoh bagi kita semua untuk bersatu,” jelas Mawardi.

Kemudian, Wawako juga minta kepada seluruh peserta upacara dan masyarakat se-Kota Padang Panjang, agar kita tidak terlalu mudah terpengaruh oleh berita-berita di media sosial, yang belum tentu benar, sehingga merusak persatuan dan keberagaman antara sesama.

Sementara itu Kapolres Padang Panjang AKBP Cepi Noval SIK yang juga hadir dalam upacara Hari Pahlawan menyampaikan, NKRI adalah harga mati. Menurut Cepi, Kota Padang Panjang adalah Kota yang terkenal dengan Serambi Mekkah, maka sebagai orang Minang “Adat Basandi Syarak-Syarak Basandi Kitabullah” harus tetap dipertahankan dan rasa persatuan dan kesatuan, pun harus dijaga sampai kapanpun.

Upacara juga dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah se-Kota Padang Panjang, ASN se-Kota Padang Panjang, Polri, TNI, serta pelajar. Usai melaksanakan upacara, dilanjutkan ziarah di Taman Makan Pahlawan Kusuma Bhakti di Kebun Sikolos Kota Padang Panjang, dengan inspektur upacara Kapolres Padang Panjang. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*