Peringati Hari Sumpah Pemuda dan HANI, Wako Hendri Arnis Ajak Pemuda Jauhi Narkoba dan Tingkatkan Prestasi

Walikota Padang Panjang, H. Hendri Arnis, BSBA, menjadi Inspektur Upacara pada peringatan Hari Sumpah Pemuda dan HANI dilapangan Anas Karim, Padang Panjang.

Padang Panjang, Padang-Today.com – Untuk mengingat sejarah perjalanan Bangsa Indonesia sekaligus meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya narkoba, Kota Padangpanjang laksanakan upacara Hari Sumpah Pemuda dan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) secara serentak, Senin (30/10) di Lapangan Anas Karim.

Hari Sumpah Pemuda jatuh pada 28 Oktober dan Hari Anti Narkoba Internasional jatuh pada 26 Juni, namun kali ini Kota Padangpanjang memperingatinya secara bersamaan. Hadir mengikuti upacara tersebut, seluruh pelajar tingkat SLTP SLTA, para ASN serta unsur TNI/ POLRI. Upacara berlangsung dengan khidmat.Walikota Padangpanjang Hendri Arnis bertindak sebagai Inspektur Upacara, dan saat membacakan amanat dari menteri Pemuda dan Olah Raga Imam Nahrowi, ia menyampaikan, agar para pemuda di zaman sekarang dapat meneladani para pemuda di zaman perjuangan yang mempunyai prinsip berani dan bersatu.

“Sudah seharusnya kita meneladani langkah-langkah dan keberanian mereka hingga mampu menorehkan sejarah emas untuk bangsanya,” katanya.

Menurutnya, jika dibandingkan dengan era sekarang kita memiliki sejumlah kemudahan dengan berkembangnya teknologi komunikasi, namun kenapa sering terjadi perselisihan yang mudah saja memvonis seseorang, mudah sekali berpecah belah, saling mengutuk satu dengan yang lainnya.

“Sebetulnya tidak ada ruang untuk salah paham, apalagi membenci karena semua hal dapat kita konfirmasi dan kita klarifikasi dalam hitungan detik,” lanjutnya.

Terkait dengan Hari Anti Narkoba Internasional, Walikota Padangpanjang Hendri Arnis mengatakan, diperkirakan sebanyak 40- 50 orang meninggal setiap harinya, sementara kerugian ekonomi mencapai 72 triliun rupiah setiap tahunnya. Hal tersebut sangat mengkhawatirkan dan membawa kerugian yang luar biasa terhadap Bangsa Indonesia termasuk di Kota Padangpanjang.“Tentunya kita tidak ingin generasi penerus, anak sekolah, remaja dan pemuda menjadi korban narkoba, Peringatan Hari Anti Narkoba Tahun 2017 harus menjadi momentum untuk memerangi narkoba secara bersama sama, Kita harus peduli pada lingkungan tetangga ataupun warga baru, jika kita melihat hal hal yang mencurigakan,” katanya.

Diakhir acara pemerintah secara bersama sama melaksanakan pemusnahan Narkotika Golongan 1 jenis ganja sebanyak 15 paket yang berhasil disita oleh Kelpolisan setempat. Para Pelajar diberi kesempatan untuk melihat jenis narkoba tesebut agar mengetahui dan berhati hati dikemudian hari.

Selanjutnya, turut dilaksanakan sejumlah penandatanganan MoU antara pemerintah dan Polri tentang pemberian pelatihan terhadap siswa tingkat SLTA, serta MoU pemerintah dengan BPJS tentang pemberian Jaminan Kesehatan Bagi Seluruh Masyarakat Padangpanjang.Tampak Hadir, Wakil Walikota Padangpanjang Mawardi, Ketua DPRD Kota Padangpanjang Novi Hendri, Kapolres Padangpanjang AKBP Cepi Noval SIK, Dandim 0307/ Tanah Datar Letkol. Inf. Nandang Dimyati, Kemenag Kota Padangpanjang Gusman piliang, Kepala Pengadilan Negeri, Kepala Pengadilan Agama, Kepala Kejaksaan Negeri, Plt Sekda Indra Gusnady, Para Kepala Dinas, Staf Ahli para Asisten dan pejabat serta undangan lainnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*