Peringati HKN ke 51, PKPU Padang Gelar Aksi Kesehatan di Kurao Pagang

IMG_20151115_003035Padang,Padangtoday.com – Memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke – 51, Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU Padang menggelar pelayanan kesehatan gratis di Kampung Kurao Pagang, Kecamatan Nanggalo Padang, Jumat (13/11). Dalam aksi kesehatan kerjasama PKPU dengan Indosat dimulai selepas shalat Jumat tersebut sedikitnya dapat melayani sebanyak 221 orang penerima manfaat.

Kehadiran pelayanan kesehatan PKPU Padang ini sepertinya sudah ditunggu-tunggu oleh masyarakat setempat. Sebelum tempat aksi  pelayanan dibuka yang menggunakan teras rumah seorang warga, puluhan masyarakat sudah berkumpul tidak sabaran untuk memeriksakan kesehatannya. Umumnya yang memanfaatkan layanan ini adalah kalangan perempuan, terutama lansia dan Balita di samping ibu rumah tangga.

Kepala Bidang Pendayagunaan PKPU Padang, Ramdan Dalni Akbar mengatakan, lokasi Kurao Pagang ini termasuk yang intensif dijadikan titik pelayanan kesehatan melalui Program Kesehatan Masyarakat Keliling (Prosmiling) oleh PKPU. Selain disebabkan kondisi masyarakat yang umumnya kurang mampu, banyak terdapat lansia dan anak-anak yang membutuhkan pemeriksaan kesehatan secara berkala.

Dalam aksi kesehatan kali ini PKPU menurunkan dua orang dokter, dua orang perawat dan ahli gizi, apoteker dan tim relawan guna memberikan pelayanan kepada masyarakat. Selain mereka mendapatkan pemerksaan dan obatan secara gratis, PKPU Padang juga membagikan Makanan Tambahan kepada para Balita berupa telor, roti dan kacang padi.

“Aksi ini  titik yang ketiga belas kita gelar dalam beberapa bulan terakhir. Kali ini bertepatan dengan HKN ke 51 yang juga dilaksanakan di sejumlah cabang PKPU di Indonesia,” kata Ramdan.

Ditambahkan Kepala Divisi Kesehatan PKPU Padang Khairul Azmi, dalam dua belas kali aksi, layanan ini telah dirasakan manfaatnya lebih dari 2.000 orang disejumlah daerah seperti Kota Padang, Pesisir Selatan, Pasaman dan Kampar Riau.

Ketua RT setempat Erizal mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada PKPU Padang yang terus memperhatikan kebutuhan masyarakat setempat. Pihaknya sangat berharap adanya perhatian secara terus menerus mengingat kondisi ekonomi warga umumnya yang kekurangan. Rata-rata warga setempat bekerja sebagai buruh harian lepas, ngojek, buruh dan tani. Sedangkan wanita kebanyakan ibu rumah tangga dan lansia.

Untuk diketahui, di Kampung Kurao Pagang ini PKPU juga telah memiliki sejumlah program lainya yaitu puluhan anak-anak yatim dhuafa telah mendapatkan beasiswa dan santunan dhuafa, titik pendistribusian qurban hampir setiap tahunnya hingga sembako dan kegiatan dakwah lainnya. (can)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*