Peringati HKN ke 53 tahun 2017, Dinas Kesehatan Kota Pariaman Gelar berbagai kegiatan

wawako genius umar beri sambutan peringatan HKN ke 53 tahun 2017

Kota Pariaman,Padang-today.com___Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 53 tahun 2017 tingkat Kota Pariaman, Pemko Pariaman melalui Dinas Kesehatannya menggelar berbagai kegiatan, mulai dari senam bersama, jalan santai berhadiah, makan buah bersama dan pemeriksaan kesehatan gratis, bertempat di pentas seni pantai gandoriah, Minggu 12-11-2017.

Wakil Walikota Pariaman Genius Umar dalam sambutannya menyambut baik upaya Dinas Kesehatan dengan 12 pesan sehatnya, berupa “Tabuik Piaman”, yang merupakan singkatan dari pesan sehat : Tidak ada anggota keluarga yang merokok dalam rumah/ruangan, Asi exklusif bayi usia 0-6 bulan, Bersalin di fasilitas kesehatan, Usahakan penderita gangguan mendapat pengobatan dan tidak ditelantarkan, Imunisasi dasar lengkap pada bayi, Konsumsi sayur dan buah serta gunakan air bersih.

“Pastikan seluruh anggota keluarga punya jaminan kesehatan, Ingatkan penderita TB berobat sampai sembuh, Aktifitas fisik minimal 30 menit sehari dan cek tekanan darah secara berkala, Menimbang balita setiap bulan, Ayo keluarga ikuti KB dan Nah … rumah harus memiliki jamban sehat ya …,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan agar masyarakat dapat membudayakan hidup bersih dan sehat, selalu menjaga kebersihan lingkungan, dan makan makanan yang sehat, cukup istirahat, olahraga teratur, makan buah dan sayur, serta hindari stress.

“Kesehatan adalah harta yang paling berharga, untuk apa kekayaan yang banyak dan jabatan yang tinggi, tetapi kita tidak sehat, karena itu jagalah kesehatan kita, dengan memeriksakan kesehatan secara berkala di pos kesehatan yang ada,” tukasnya.

Wawako berharap semoga semangat untuk mewujudkan Indonesia sehat yang dimulai dari keluarga dan lingkungan kita, serta pengejawantahan dari program GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) yang sudah kita luncurkan, dapat meningkatkan penyadaran Hidup Bersih dan Sehat di masyarakat kita umumnya dan Kota Pariaman khususnya.

“Sesuai dengan tema HKN kali ini, Sehat Keluargaku, Sehat Indonesiaku, yang mengedepankan peranan keluarga sebagai bagian penting dalam mendorong masyarakat yang mandiri hidup sehat,” tutupnya

Di akhir acara diadakan pembagian hadiah bagi para peserta yang ikut rangkaian kegiatan di HKN ke 53 ini, mulai dari sepeda, kipas angin, kompor gas dan hadiah lainya.

Wawako dan rombongan lainya pun, tak ketinggalan melakukan cek kesehatan gratis yang disediakan oleh panitia acara, mulai dari pemeriksaan tensi, pemeriksaan gula darah, asam urat dan kolesterol, oleh petugas dari dinas kesehatan kota pariaman.

Hadir Ketua DPRD Kota Pariaman Mardison Mahyuddin, Wakil Ketua DPRD Syafinal Akbar, Kakan Kemenag Kota Pariaman Muhammad Nur, Kasdim 0308 Pariaman Mayor Marjoni, Waka Polres Pariaman Kompol Nofriadi Zen, Sekdako Indra Sakti, Kepala SOPD, Kabag, Camat, BPJS Kesehatan Pariaman, jajaran panitia acara, serta masyarakat yang hadir. (suger)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*