Perjuangan Politik Emak-Emak Oleh: Edriana Noerdin Direktur Women Research Institute (WRI)

Menatap masa depan untuk memperjuangkan politik emak-emak, agar kita tidak baper dalam melihat perkembangan politik dalam negeri akhir-akhir ini. Mempertahankan posisi politik perempuan paska MRT? Perempuan dalam Politik untuk memperjuangkan agar representasi atau keterwakilan suara perempuan, suara emak-emak tetap mempunyai saluran yang jelas, tegas dan dapat memberi makna untuk meningkatkan kesejahteraan dan mengurangi kemiskinan, terutama kemiskinan yang berwajah perempuan.

Kami para emak-emak, bersama antara lain para caleg perempuan Gerindra Uni Nina Ramshi dan Any Tengker berdiskusi dengan Mpok Nur Asia Uno untuk membicarakan langkah-langkah kedepan bagi emak-emak kece nan militan.

Untuk merebut narasi dan ruang publik perempuan maka emak-emak harus mulai merapikan barisan, membangun organisasi agar perjaungannya bisa lebih mandiri.

Banyak hal yang bisa dikerjakan seperti:

Emak-emak mulai dengan jalan membangun usaha/ Bisnis halal karena peluang pasar yang sangat besar. Kemandirian ekonomi penting agar kita tidak mencari uang dalam politik dan kita juga tidak tergantung pada uang orang lain dalam berjuang.

Memberikan Pendidikan politik bagi perempuan/emak-emak agar kita punya posisi tawar yang tinggi. Perempuan yang melek politik tsb akan menjadi mitra kita dalam berjuang diranah politik.

Menerbitkan buku yang akan kita mulai dari penulisan pengalaman para caleg perempuan dilapangan ketika harus bersaing baik dengan teman se-partai maupun teman lain partai, baik dengan caleg laki-laki maupun dengan caleg perempuan sendiri.

Dokumentasikan semua perjalan sosial politik sebagai kekayaan pengalaman untuk memberikan pembelajaran agar langkah kedepan bisa semakin besar dan berhasil menduduki posisi politik yang diharapkan.

Hayooo emak-emak rapatkan barisan dan saatnya kita sama-sama berjuang demi keadilan dan kesejahteraan negeri kita tercinta ini. Perjuangan yang membutuhkan kesabaran…dan kita Inshaa Allah bisaaa…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas