Perkembangan Teknologi Membuka Peluang Bisnis

Padang-today.com__Perkembangan teknologi telah merubah prilaku bisnis. Transaksi jual beli barang dan jasa tidak lagi harus terjadi secara fisik, tetapi juga bisa terjadi di dunia maya. Perkembangan teknologi, khususnya smartphone (telepon pintar) telah membuka peluang bisnis via internet, atau yang dikenal sebagai ecommerce.

Dalam rangka mendukung perkembangan e-commerce maka pemerintah menerbitkan paket kebijakan ekonomi, yang bertujuan untuk membuat peta jalan bagi sistem perdagangan nasional berbasis elektronik (road map e-commerce) yang sudah berkembang di berbagai daerah smart city.

“ Perkebangan bisnis sudah merambah dunia maya atau online. Jadi pelaku usaha harus menyesuaikan dengan perkembangan teknologi. Banyak toko seolah-olah tidak memiliki toko, padahal pesanannya dari luar daerah bahkan luar negeri,” kata Walikota Pariaman Genius Umar pada saat membuka acara Forum Komunikasi Pelaku Usaha Daerah yang di gelar oleh Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sumatera Barat di Aula Hotel Safari Inn Pariaman, beberapa waktu lalu.

Katanya, Pesatnya perkebangan teknologi di era globalisasi ini telah merubah dunia menjadi serba mudah. Yang jau-pun kini tersa dekat berkat perkebangan teknologi, tidak bisa disangkal lagi bahw teknologi mempunyai peran penting di segala aspek kehidupan.

Miskipun pelaku usaha sekarang berkisar 60 persen dari bisnis online, keberadaan pasar harus tetap ada. Bagaimanapun perkebangan pelaku usaha melalui online merebak pasar tetap menjadi pusat perdagangan dan perbelanjaan bagi masyarakat.

“ Pasar harus ditata rapi dan barang-barang yang mau dijual haarus ditata juga semenarik mungkin agar konsumen tertarik untuk membeli produk yang kita pasarkan,” ujarnya.

Dengan pesatnya perkebangan zaman pada era saat ini, ia berharap agar pemuda di Kota Pariaman jangan hanya berdiam diri dan banyak duduk di lapau. Karena itu hanya akan menghabiskan waktu. Artinya, berpikirlah secara positif dan bertindak produktif, baik untuk diri sendiri maupun untuk masyarakat luas.

“ Pemuda harus berpikir kratif untuk menghasilkan barang yang bernilai ekonomi. Bisa membuat souvener bagi wisatawan karena kunjungan wisata sudah banyak ke Kota Pariaman. Bisnis kuliner juga bisa kita pasarkan melalui online ke tempat yang ramai kunjungan wisatawannya, kuliner yang dipasarkan tentu kuliner khas asli piaman,”

Forum dengan tema peningkatan daya saing kemandirian usaha melalui kemitraan usaha yang di gelar oleh pihak pemerintah itu agar dapat menentukan arah dan peluang usaha bagi pelaku usaha daerah yang siap bersaing menghadapi era globalisasi.

Armen Spd (48) salah satu peserta mengatakan, perkembangan teknologi digital pada era globalisasi membuat pelaku usaha dengan mudah dan cepat serta efesian dalam melakukan transaksi. Semuanya itu harus disikapi dengan bijak dan harus pandai melihat dan menangkap peluang bisnis yang akan dilakukan.

Terkait dengan hal itu, peluang dan tantangan bisnis di era digital tentu harus dipahami dengan baik. Sebab, era perdagangan bebas telah dimulai. Semua orang bisa melakukan transaksi jual beli dengan mudah dan cepat.

“ Hanya dengan mengunakan media internet. Sudah pasti hal ini memberikan keuntungan. Sebab, kita tidak perlu mempunyai toko dan gudang untuk menyimpan barang dagangan. Hal ini sudah pasti memberikan keuntugan bagi kita,” ujarnya.

Kendatipun demikian, di sisi lain ada banyak tantangan yang harus dihadapi. Tapi tak sedikit pula yang bisa meraup untung besar karena paham akan peluang yang datang di depan mata. Dari sini sebagai pelaku usaha atau pebisnis juga harus memahami bahwa tantangan yang ada di era digital tersebut akan mampu memberikan lebih banyak manfaat.

Dilan atau digital melayani, kata dia, memberikan kemudahan bagi pebisnis dalam mengembangkan usaha dan memasarkan produk usahanya. Artinya, pelaku usaha atau pebisnis tidak dapat dipisahkan dengan teknologi digital, dengan digital menjadi mudah dan efesien dalam melakukan transaksi.

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Safari tersebut dihadiri oleh Walikota Pariaman Genius Umar, Kadis DPMPTSP Sumbar Maswar Dedi, Kadis DPMPTSP dan Naker Kota Pariaman Alfian beserta pelaku usaha di daerah itu. (suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas