Perolehan Suara di PSU Kurai Taji Berkurang

Padang-today.com__Pagi itu cuaca sedikit mendung, petugas Kelompok Penyelenggara (KPPS) Ngari Kurai Taji, Kecamatan Nan Sabris, Padang Pariaman, Sumbar siap menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden di TPS 22, pada hari ini Sabtu 27-04-2019.

Komisi Pemilihan Umum Daerah Padang Pariaman menggelar PSU, disebabkan adanya pemilihan yang tidak terdaftar dalam pemilihan tetap (DPT) yang mencoblos di TPS tersebut tanpa mengantongi formulir A5 atu pindah memilih sebanyak enam orang yang berdomisili di profinsi Jambi.

PSU di TPS 22 itu tidak seperti biasanya pada pemilu 17 April lalu. Antusias masyarakat pemilih untuk mengunkan hak pilihnya mendatangi TPS itu sekitar pukul 09.50. Padahal, pencoblosan yang diberikan oleh pihak peyelenggara kepada pemilih, sekitar pukul 08.00 WIB – 13.00 WIB. Partisipasi pemilih yang mengunakan hak pilih pada PSU ini sebanyak 119 dari Sebanyak 202 pemilih dalam DPT.

Ketua KPUD Padang Pariaman Zunaldi mengatakan, PSU tidak berbeda teknis peyelenggaraanya dengan pemungutan suara pada 17 April 2019 lalu. Perbedaan PSU ini adalah formulir C6 diserahkan pemilih yang terdaftar dalam DPT, Daftar Pemilih Tambahan (DPTb).

“ Alhamdulillah pelaksanaan PSU di TPS 22 ini berjalan aman dan lancar, semuanya ini dapat kita lihat bahwa PSU di TPS 22 mendapat pantauan dari berbagai pihak,” Kata Zunaldi, Sabtu 27/04/2019 di Padang Pariaman.

Ia mengatakan, di gelarnya PSU di TPS 22 ini berdasarkan rekomendasi yang dilahirkan oleh Panwaslu di daerah itu terdapat 6 daftar pemilih yang tidak berhak memilih. Ke enam orang itu beralamat di profinsi Jambi.

“ Untuk itu, perlunya dilakukan PSU untuk Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden di TPS 22 ini,” ujarnya.

Berdasarkan bukti dan hasil pleno pihak panwaslu di tingkat kecamatan, maka KPUD setempat merekomendasikan untuk melakukan PSU terhadap Pemilihan Umum Presiden dn Wakil Presiden 2019 di TPS 22 Nagari Kuraitaji, Keamatan Nan Sabaris.

Sementara ketua KPPS di TPS 22 Dessy Suryani mengatakan, pihaknya telah melakukan persiapan sejak kemaren, Jumat (26/04). Pengiriman logistik sudah selesai dilakukan pada pukul 18.00 WIB. Di TPS 22 sebanyak 202 DPT, 1 DPTb.

“Untuk petugas di PSU ini tetap sama, tidak ada yang diganti dan sakit, dan masih mampu untuk menunaikan pekerjaan yang diembankan kepadanya,” ujar dia.

Pihaknya bekerja sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku dan ditetapkan oleh KPU. “Alhamdulillah saat ini kami mampu bekerja dengan aturan dan berjalan lancar,” kata dia.

Dari pantauan www.padang-today.com pukul 14.30 WIB di TPS tersebut terdapat 202 DPT dan 1 DPTb warga yang masuk daftar PSU, partisipasi pemilih yang mengunakan hak pilihnya sebanyak 119 warga, dengan  perolehan suara terbanyak di dapat Pasangan Prabowo Sandiaga sejumlah 111 suara dan Jokowi – Makruf sebanyak 8 suara. Dengan total jumlah suara 119 suara. Sebelumnya, pada 17 April lalu perolehsan suara untuk paslon 01 meraih 6 suara dan paslon 02 meraih 150 suara (suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas