Perpustakaan Nasional RI Utus Wawako Ke Tiga Negara Eropa

Perpustakaan Republik Indonesia.

Perpustakaan Republik Indonesia.

PAYAKUMBUH, PADANGTODAY.com-Tiga negara di Eropa, menjadi kunjungan Wakil Walikota Payakumbuh H. Suwandel Muchtar dan Kepala Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat Drs.Alwis,  selama sepakan, 5-12 September 2014. Kunjungan ini merupakan reward dari Perpustakaan Nasional RI atas keseriusan pemko  dalam membina dan mengelola perpustakaan di Payakumbuh.

Sekdako H. Benni Warlis, MM, di Payakumbuh,  Minggu (5/10), menginformasikan, di Indonesia, ketiga negera Eropa yang akan dikunjungi itu, Belanda, Perancis dan Belgia. Wawako Suwandel dan Kepala Badan Perpustakaan dan Kearsipan Sumbar Alwis,  akan bergabung dengan puluhan pejabat Perpustakaan Nasional di Jakarta, sebelum meninggalkan Tanah Air.

Kunjungan ke Belanda, Perancis dan Belgia, dikatakan, untuk  mempelajari pengelolaan perpustakaan yang lebih profesional. Ketiga negara itu, seperti Belanda, diakui dunia internasional, pengelolaan perpustakaannya lebih baik dari negara-negara lainnya. Malahan, sejarah Minangkabau juga dimiliki Perpustakaan Belanda.

Wawako Suwandel Muchtar yang dihubungi terpisah, membenarkan, kalau dirinya mendapat kehormatan untuk studi koperatif ke Belanda, Perancis dan Belgia, dalam peningkatan mutu pengelolaan perpustakaan. “Ilmu yang diperoleh, akan banyak bermanfaat untuk diterapkan di kota ini,” sebutnya.

Menurut  Sekdako Benni Warlis,  Payakumbuh sendiri masih belum punya gedung perpustakaan yang  representatif. Gedung yang ada sekarang masih menumpang di eks gedung Dinas Kesehatan di komplek DPRD di Jalan Sukarno-Hatta Payakumbuh.

Namun demikian, tambahnya, Kantor Perpustakaan yang tergabung dengan kantor Arsip, pengelolaannya sudah cukup baik. Malahan Payakumbuh juga punya  perpustakaan kecamatan dan kelurahan. Coco Cola Foundation juga ikut membantu Payakumbuh membentuk Perpustakaan Seru,” katanya.(malin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*