Pertahankan Empat Pilar Kebangsaan Negara RI, Padang Pariaman Siap Kerjasama Dengan Dandim Pariaman

Ketua PC Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Padangpariaman Zeki Aliwardana dengan Dandim 0308 Pariaman Letkol (Inf) Persada Alam dan Kasi Intel Kapten Maslur.

Ketua PC Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Padangpariaman Zeki Aliwardana dengan Dandim 0308 Pariaman Letkol (Inf) Persada Alam dan Kasi Intel Kapten Maslur.

Padangpariaman, PADANGTODAY.com-Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Padangpariaman siap bekerjasama dengan kekuatan Kodim 0308 Pariaman dalam mempertahankan empat pilar kebangsaan Negara Republik Indonesia. Kerjasama ini dalam rangka memperkuat pemahaman generasi muda di Padangpariaman terhadap empat pilar kebangsaan, yakni Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Undang-Undang Dasar 1945, Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika.

Penegasan itu disampaikan Ketua Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Padangpariaman Zeki Aliwardaha S.Pdi ketika beraudensi dengan Dandim 0308 Pariaman Letkol (Inf) Persada Alam di ruangan kerjanya, Selasa (28/4/2015), di Pariaman. Dandim didampingi Kasi Intel Kapten Maslur.

Menurut Dandim Persada Alam, pihaknya juga siap bekerjasama dengan Gerakan Pemuda Ansor Padangpariaman. Baik dalam menjaga ketertiban dan pengamanan, maupun dalam menjaga dan memperkuat empat pilar kebangsaan. “Selain itu, kita juga minta Ansor untuk turut memantau gerakan-gerakan radikal yang dapat mengancam negara dan bangsa Indonesia. Saat ini yang perlu diwaspadai adalah adanya kemungkinan pengaruh gerakan ISIS di wilayah Padangpariaman,” kata Persada.

Persada juga mendorong Ansor untuk melakukan berbagai kegiatan. Terutama terkait dengan penguatan pemahaman empat pilar kebangsaan di kalangan generasi muda.

Sementara itu, Zeki Aliwardana menyampaikan keinginan Ansor Padangpariaman untuk bermitra dengan aparat keamanan dalam menjaga keutuhan NKRI. Karena bagi Ansor bentuk negara NKRI ini sudah final. Munculnya gerakan-gerakan yang ingin merongrong keutuhan NKRI harus terus diwaspadai. Jadi, kerjasama dengan aparat keamanan ini penting agar bisa bergandengan tangan menghadapi.

“Ansor lahir 24 April 1934 di Banyuwangi. Pemberian nama Ansor merujuk pada ayat Al-Qur’an surat Ash Shaf ayat 14, “Hai orang-orang yang beriman, jadilah kamu sekalian sebagai penolong-penolong (ansor) agama Allah.” Kelahiran Ansor tidak terlepas dari perkembangan Nahdlatul Ulama. Sehingga gerakan perjuangan Ansor selalu seirama dengan Nahdlatul Ulama yang didirikan 31 Januari 1926,” kata Zeki didampingi sekretarisnya Alva Anwar, S.Pdi.

Dibagian lain ditambahkan Zeki, dalam membenahi struktur organisasi, sesuai dengan ketentuan dari Pimpinan Pusat GP Ansor, dalam waktu dekat diadakan Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD). Bersamaan dengan PKD, juga dilaksanakan Pendidikan dan Latihan Dasar Barisan Serbaguna (Diklatsar Banser) Ansor. “Insya Allah ini akan memperkuat eksistensi Ansor di Padangpariaman. Hingga kini sudah ada 60 peserta yang siap untuk mengikutinya,” kata Zeki mantan Pemuda Pelopor Kabupaten Padangpariaman ini.

Sehari sebelumnya, Senin (27/4/2015) Zeki Aliwardhana beraudiensi dengan Kapolres Pariaman AKBP Riko Junaldy, S.I.K. Beliau juga menyatakan siap bekerjasama dan memberikan dukungan kepada Ansor Padangpariaman. (admin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas