PERTAMA DI SUMBAR, PUSKESMAS PAYAKUMBUH SUDAH BLUD

Walikota Payakumbuh Riza Falepi menekan tombol launching  PPK-BLUD Puskesmas.

Walikota Payakumbuh Riza Falepi menekan tombol launching PPK-BLUD Puskesmas.

Advertisements

PAYAKUMBUH, PADANGTODAY.com-Program pelayanan kesehatan di Payakumbuh selangkah lebih maju dibanding kota/kabupaten lainnya di Sumatera Barat. Kadis Kesehatan Propinsi Sumatera Barat diwakili sekretarisnya Syafwan, mengapresiasi kota ini, karena daerah pertama yang membentuk PPK-BLUD (program pelayanan kesehatan dengan pola badan layanan umum daerah).

Saat dilakukannya Lounching Puskesmas PPK-BLUD Payakumbuh, di aula Puskesmas Payolansek, Payakumbuh Barat, Selasa (13/1), Syafwan, tak segan-segan mengacungkan jempol buat Walikota Payakumbuh Riza Falepi dan Ketua DPRD YB. Dt. Parmato Alam, yang serius menjadikan puskesmas kota ini sebagai PPK-BLUD.

“Kami jajaran kesehatan provinsi, memberikan apresiasi yang tinggi terhadap kebijakan pemko melahirkan PPK-BLUD buat seluruh puskemas di Payakumbuh,” katanya saat memberi sambutan. Diharapkan, kebijakan Pemko Payakumbuh ini diikuti daerah lainnya di Sumatera Barat,” ajaknya.

Harapan Syafwan, ke depan pelayanan kesehatan di Payakumbuh makin baik, dengan dijadikannya setiap Puskesmas sebagai PPK-BLUD. Kualitas pelayanan benar-benar menjadi obat bagi pasien sebelum mendapat perawatan dari tenaga medis, sebutnya.

Walikota Riza Falepi dan Ketua DPRD YB. Dt. Permato Alam, ketika memberikan sambutannya, sama-sama menyamapikan komitmennya yang tinggi dalam program kesehatan ini. Makin baik kualitas kesehatan warga, makin tinggi tingkat produktifitas masyarakat Payakumbuh, sehingga pertumbuhan ekononi makin meningkat, sebutnya.

Hanya saja, sebut walikota, seyogianya Dinas Kesehatan Provinsi ikut melakukan pengawasan, mengevaluasi sinergisitas BPJS Kesehatan dengan puskesmas dan rumah sakit penyelenggara, dalam menjalankan operasionalnya. BPJS diminta walikota untuk lebih gesit dalam memperhatikan kesejahteraan dokter dan tenaga medis lainnya.

Dibagian lain, Walikota Riza juga mengajak seluruh jajaran kesehatan, untuk gencar melakukan penyuluhan kesehatan ke tengah masyarakat. Karena suskes bidang kesehatan, bukan penanganan pasien di puskesmas dan rumah sakit, tapi memberikan tindakan pencegahan atau prepentif. “Kita harus gencar memberikan sosialisasi pola hidup sehat dan bersih ke tengah masyarakat,” sebutnya.

Kadis Dinas Kesehatan Elzadaswarman, menjelaskan, dengan penerapan PPK-BLUD, puskesmas makin leluasa dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Puskesmas diminta untuk melakukan inovasi dalam menjaring pendapatan dan lebih selektif dalam membelanjakan keuangannya. Thema yang diusung saat peluncuran PPK-BLUD, Kita Tingkatkan Kualitas Pelayanan Tingkat Puskesmas yang Bermutu, ujar Elzadadwarman.

Selain lounching PPK-BLUD, Walikota Riza Falepi bersama Ketua DPRD Dt. Parmato Alam dan Sekretaris Dinas Kesehatan Sukmatera Barat, Syafwan, juga meluncurkan Senam Sikat Habis, yang ditandai dengan senam bersama oleh instruktur yang telah disiapkan Dinkes Payakumbuh. Senam sikat Habis itu, akan disosialisasikan pada seluruh sekolah, mulai dari SD sampai ke SLTA.(mnc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*