Pertamina bakal Menurunkan Investasi di Sektor Hulu Migas

Logo Pertamina.

Logo Pertamina.

Advertisements

PADANGTODAY.COM-PT Pertamina bakal menurunkan investasi di sektor hulu minyak dan gas bumi (migas). Ini lantaran harga minyak dunia terus merosot.

“Saya kira tahun ini kami akan melakukan konsolidasi dari rencana investasi dari USD 5 miliar-7 miliar, mungkin akan ditekan USD 3 miliar-5 miliar sedang dievaluasi,” ujar Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto usai acara Refining Day 2015, Jakarta, Kamis (29/1).

Dia mengungkapkan, rencana awal, Sebanyak 70 persen anggaran investasi Pertamina bakal dilarikan ke sektor hulu migas. Sisanya, 30 persen untuk investasi hilir migas.

Dengan turunnya harga minyak dunia, Pertamina bakal membagi rata komposisi investasi. Sektor hulu dan hilir migas masing-masing 50 persen.

“Jadi yang downstream (hilir) kami akan naikan, paling tidak 50-50 lah. Karena memang di downstream butuh untuk membangun infrastruktur migas,” pungkas dia.

Kendati demikian, Dwi meyakini penurunan investasi di hilir tak akan mengganggu produksi migas Pertamina. Saat ini, Pertamina tengah merevisi rencana kerja tahun ini.

“Kami dalam minggu-minggu ini menyusun review terhadap budget termasuk rencana belanja investasi, kita harapkan diawal Februari bisa disiapkan revisi dari rencana belanja 2015,” kata dia.

Presiden Direktur PT Pertamina Gas (Pertagas) Hendra Jaya mengungkapkan pihaknya menargetkan pembangunan 25 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) tahun ini. Anak usaha Pertamina itu menggandeng PT Perusahaan Gas Negara (PGN) untuk memasok gas.

“Akan ada SPBG dibangun di lokasi SPBU yang dikelola Pertamina dan mitranya,” ujar Hendra dalam kesempatan sama.

Pembangunan SPBG bakal difokuskan di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Setiap SPBG membutuhkan alokasi gas sebesar 0,5 juta kaki kubik per hari.
(yud/**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*